Infeksi Cacing Kremi Menjadi Penyebab Bocah Ini Terkena Radang Usus Buntu


Seorang remaja putri datang ke rumah sakit dengan keluhan mual serta nyeri di perutnya. Pemeriksaan menunjukkan ada segerombolan cacing bersarang di usus buntu.

Awalnya, dokter di Royal Cornwall Hospital Inggris mendiagnosis remaja berusia 15 tahun ini mengalami radang usus buntu atau appendicitis. Namun, tes darah dan urine tidak menunjukkan adanya infeksi.

Dokter lalu menawarkan operasi, sebab dikhawatirkan ada infeksi berbahaya. Saat hendak melakukan operasi untuk mengangkat usus buntu, dokter menemukan banyak sekali cacing berwarna putih bergerombol di bagian tersebut.

Operasi dilakukan dengan teknik laparoskopi, yakni teknik operasi dengan sedikit sayatan. Kamera kecil dipasang di ujung alat, sehingga para dokter bisa melihat dengan jelas cacing-cacing yang mendiami usus buntu.

Dengan hati-hati, para dokter mengangkat usus buntu dan menyedot cacing-cacing tersebut dengan pipa isap. Operasi ini dilakukan dengan sangat cermat agar cacing-cacing tersebut tidak berjatuhan ke rongga perut.

Infeksi pinworm, atau dikenal juga sebagai cacing kremi, pada remaja ini membuat usus buntunya berwarna putih pucat. Normalnya, organ ini berwarna pink atau merah. Demikian seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (1/7/2016).

Sumber : Detik.com

Infeksi Cacing Kremi Menjadi Penyebab Bocah Ini Terkena Radang Usus Buntu

0 komentar:

Posting Komentar