Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengeringkan Luka Diabetes

Perawatan untuk luka diabetes memang memerlukan perhatian khusus, karena tergolong sulit disembuhkan. Jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan luka membusuk yang mengharuskan untuk di amputasi., karena mengindikasikan adanya kerusakan parah jaringan tubuh yang dapat berbahaya.

Lidah Buaya Untuk Luka Diabetes

Apabila anda mengalami luka diabetes sebaiknya segera di tangani sejak dini sebelum keadaan semakin parah yang memerlukan tindakan amputasi. Sebelum luka itu muncul, biasanya penderita merasakan seperti kesemutan dan mati rasa, yang lama kelamaan kulit berubah warna menjadi lebih gelap atau menghitam. Setelah itu apabila kulit gatal dan digaruk sedikit saja akan menimbulkan luka kecil yang sulit disembuhkan dan akan semakin memburuk jika terus diabaikan.

Luka diabetes umumnya terjadi pada kaki, hal tersebut dipengaruhi oleh aliran darah di bagian bawah tidak begitu lancar seperti bagian atas. Sirkulasi darah yang buruk dan kerusakan sel saraf dapat menyebabkan luka infeksi serius yang sulit untuk disembuhkan.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk perawatan luka diabetes ?
  • Hal yang pertama dilakukan adalah apabila luka masih kecil  sebaiknya jangan di perban.Karena akan menjadikan kulit lembab dan luka akan terus basah, sehingga akan sulit untuk kering.
  • Sering membersihkan daerah luka dengan air hangat dan lap dengan handuk yang bersih.
  • Setelah besih dan kering dari air, oleskan salep atau antibiotik untuk mengeringkan luka.
  • Apabila sudah di oleskan obat, sebaiknya biarkan daerah luka terbuka namun tetap menjaganya agar tetap bersih, kering dan tidak lembab.
  • Hindari penggunaan obat yang mengandung alkohol.
  • Jika memang disarankan untuk diperban sebaiknya dibantu oleh orang lain dan ketika ingin membukannya lakukan dengan hati-hati agar luka tidak tergores yang akan luka terbuka kembali.
Pada penderita penyakit diabetes basah, sebelum terjadinya luka baru di area lainnya. Sebaiknya ketika gatal jangan berani untuk menggaruk kulit. Karena apabila mengalami goresan sedikit saja atau tertusuk benda tajam maka akan menyebabkan luka yang sulit kering.

Luka diabetes tidak hanya terjadi pada kaki, tetapi dapat muncul dimana saja. Selain itu luka yang muncul sangat rentan terkena infeksi yang menyebabkan keadaan semakin parah. Untuk itu sebaiknya lakukan perawatan luka agar cepat mengering.

Cara Alternatif Untuk Sembuhkan Luka Diabetes Dengan Cepat


Jika anda ingin cepat sembuh dari luka diabetes, bisa menggunakan tanaman lidah buaya yang memiliki manfaat untuk mengeringkan luka diabetes dengan cepat. Karena didalamnya terdapat cairan yang mengandung antibakteri, antiseptik dan juga antiinflamasi yang bermanfaat untuk membantu mengatasi peradangan, luka dan bahkan menghentikan penginfeksian akibat serangan bakteri.

Cara penggunaan lidah buaya untuk luka diabetes adalah dengan menempelkan daging lidah buaya disekitar kulit yang mengalami luka. Rasa dingin yang dihasilkan dapat membantu proses penyembuhan, lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

Para peneliti menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah diabetes, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa tanaman ini hanya bagus untuk kesehatan rambut dan kecantikan. Padahal lidah buaya juga memiliki manfaat lebih, salah satunya untuk kesehatan kulit dan mengeringkan luka luar, dengan begitu khasiat lidah buaya ini perlu anda pertimbangkan. 

Artikel terkait lainnya :

Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengeringkan Luka Diabetes

0 komentar:

Poskan Komentar