Mengatasi Jantung Berdetak Kencang Dengan Cepat

Sebaiknya waspada jika anda sering mengalami jantung yang berdetak kencang secara tiba-tiba, dalam istilah kedokteran hal ini disebut dengan palpitasi. Seharusnya dalam keadaan normal, jantung yang sehat akan berdetak 60 sampai 100 kali dalam satu menit.

Pengobatan Jantung Berdetak Kencang

Palpitasi adalah masalah kesehatan yang digambarkan dengan jantung berdetak kencang, cepat dan tidak beraturan. Kondisi ini sering terjadi dan tergolong normal jika hanya berlangsung selama beberapa detik atau menit, namun jika hal ini sering terjadi dalam jarak waktu yang terlalu dekat dan berlangsung lama bisa menjadi pertanda bahwa adanya masalah pada kesehatan jantung yang menyebabkan hambatan pada saat memompa darah ke seluruh tubuh, akibatnya suplai darah dan oksigen dalam tubuh berkurang.

Jika kondisi ini tidak segera di tangani maka akan berdampak buruk.

Beberapa penyebab yang sering menimbulkan jantung berdetak dengan kencang, diantaranya :
  • Zat-zat berbahaya yang dikonsumsi.
Zat seperti nikotin, kafein dan minuman beralkohol sangat tidak sehat bagi tubuh, dapat menggangu sinyal elektrik yang berfungsi untuk memerintah jantung untuk berdetak. Jika sinyal ini terganggu maka akan mempengaruhi kinerja jantung dan membuat jantung berdetak tidak beraturan.
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
Gangguan pada tekanan darah juga menjadi salah satu penyebab jantung berdetak lebih cepat, karena hipertensi membuat dinding arteri menyempit. Sehingga membuat darah dan oksigen sulit masuk yang membuat tekanan ke jantung menjadi kuat dan kencang.
  • Jantung koroner
Anda harus waspada jika penyebabnya dikarenakan penyakit yang satu ini, karena jantung koroner masih menduduki peringkat atas sebagai pembunuh nomor 1 di dunia.
  • Dehidrasi / kekurangan cairan.
Kekurangan cairan pada tubuh dapat mengakibatkan dehdrasi. Ciri ciri orang yang mengalami dehidrasi adalah tubuh terasa lemas dan dapat menimbulkan jantung berdetak lebih cepat, karena dehidrasi dapat merusak keseimbangan elektrolit didalam tubuh yang dapat mengganggu kinerja jantung.
  • Anemia
Penyebab palpitasi berikutnya adalah anemia, jika ini yang terjadi sebaiknya konsumsi vitamin/suplemen yang dapat membantu untuk mengatasi anemia.
  • Kolesterol tinggi
Kolesterol berlebihan dalam tubuh dapat menjadi pemicu gangguan pada kesehatan jantung, jika anda mempunyai kolesterol tinggi sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak tinggi untuk mencegah beragam komplikasi.
  • Obat-obatan 
Obat-obatan seperti pseudoefedrin yang terdapat dalam obat flu, albuterol yang terdapat pada obat asma, amfetamin, cocaine, dan golongan narkotik lainnya, dapat menjadi faktor penyebab palpitasi. Sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter untuk lebih di analisa.
  • Stress atau kecemasan
Meningkatknya adrenalin seperti rasa cemas dan gangguan pikiran juga menjadi salah satu faktor penyebabnya, disarankan jika anda sering mengalami masalah jantung yang sering berdetak kencang untuk menghindari stress dan terlalu kecapean.

Tips Mudah Untuk Mengobati Jantung Berdetak Kencang

1.Tidur dengan meletakkan kaki diatas bantal atau ditempelkan di dinding.
2.Memencet kedua hidung sambil tutup mulut, bertujuan untuk mengembalikan irama jantung dan menormalkan kembali tekanan darah.
3.Banyak mengkonsumsi air putih.
4.Istirahat yang cukup.
5.Mengelola tingkat emosi sehingga anda terbebas dari stress.

Untuk pencegahan, sebaiknya selalu konsumsi makanan sehat yang diimbangi dengan kaya akan gizi. Bagi anda yang mempunyai kebiasaan buruk merokok, segera untuk berhenti. Jangan tunggu serangan jantung menimpa anda seketika.

Apabila anda sudah melakukan beragam cara dan berobat kemana mana, tetapi penyakit jantung belum bisa disembuhkan.anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi obat tradisional yang sangat bagus untuk mengobati jantung berdetak kencang. Silahkan Baca - > Obat Penyakit Jantung Tradisional

Artikel Terkait Lainnya :

Mengatasi Jantung Berdetak Kencang Dengan Cepat

0 komentar:

Poskan Komentar