Jangan Anggap Remeh Gejala Infeksi Saluran Kemih

Jangan Anggap Remeh Gejala Infeksi Saluran Kemih

Sebaiknya jangan dianggap enteng jika ada gejala yang menjadi pertanda awal infeksi saluran kemih, baik ringan ataupun berat tetap perlu segera mendapatkan perawatan.

Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan infeksi yang bisa terjadi di bagian mana saja dari saluran kemih yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Namun kebanyakan serangan infeksi sering terjadi di bagian bawah yaitu kandung kemih dan uretra.

Mengapa Wanita Beresiko Besar Terkena Infeksi Saluran Kemih ?

Perempuan lebih beresiko besar terkena, pemicunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah wanita memiliki uretra yang lebih pendek dari pria, tentunya hal ini sangat beresiko besar untuk membuat bakteri mudah masuk dan mencapai kandung kemih. Selain itu uretra wanita juga berada lebih dekat dengan anus.

Sehingga sangat disarankan bagi wanita untuk membilas vagina setelah buang air kecil atau BAB dari arah depan ke belakang.

Langkah tepat untuk perawatannya jika sudah terkena ISK adalah sejak dini, untuk itu sebelum keadaan bertambah parah maka disarankan anda untuk lebih mengenali gejalanya.


Gejala Infeksi Saluran Kemih


1. Ada sensasi terbakar saat buang air kecil
Perasaan terbakar ini adalah pertanda bahwa Anda sedang mengalami infeksi, baik karena bakteri chlamydia dan gonorrhea maupun karena infeksi menular seksual lain. Tapi utamanya, gejala tersebut dikarenakan adanya infeksi saluran kencing.

2. Sering pipis
Pernah merasa anyang-anyang? Walaupun sudah buang air kecil berkali-kali, Anda terus merasa ingin kencing meskipun yang keluar hanya sedikit. Waspada, sering buang air kecil sudah tak asing lagi menjadi salah satu gejala infeksi saluran kencing.

Baca juga: Ini Cara Mencegah Terjadi Infeksi Saluran Kencing pada Ibu Hamil

3. Sakit di bagian perut
Pertanda lain dari infeksi saluran kemih yakni adanya rasa sakit di bagian abdomen atau area sekitar perut. Ini bisa menjalar dari bagian bawah perut hingga ke bagian pinggang belakang.

4. Urine bau
Ketika urine menjadi bau menyengat, warnanya juga menjadi lebih gelap, itu berarti ada yang salah dari saluran kencing Anda. Terlebih jika sudah diikuti dengan kencing darah.

5. Merasa lelah
Jika sudah mengalami beberapa gejala di atas, ditambah Anda terus menerus merasa letih bisa jadi Anda terkena infeksi saluran kencing. Apalagi jika badan juga terus menerus gemetar.

6. Demam
Hati-hati, jika sudah masuk ke tahap ini, artinya infeksi sudah sistemik bahkab mungkin menyerang hingga ginjal. Sebaiknya, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih serius. Jangan dianggap remeh ya.

Setiap jenis infeksi saluran kemih memiliki tanda-tanda atau gejala yang beraga, tergantung di bagian mana saluran kemih yang terinfeksi. Infeksi yang terbatas pada kandung kemih bisa terasa menyakitkan pada daerah bawah pusar serta rasa panas atau nyeri saat bekemih. Bahanya adalah jika hal itu dibiarkan, maka ada potensi untuk menimbulkan masalah yang lebih serius yaitu penyebaran infeksi ke ginjal. Untuk itu diperlukannya mengenal gejala ISK untuk bisa melakukan penanganan secepat mungkin.



Tidak bisa di pungkiri bahwa dengan adanya tubuh yang sehat dapat membawa kebahagiaan untuk keluarga, sehingga sakit merupakan salah satu penghambat kebahagiaan yang harus segera diatasi. Motivasi untuk sembuh memang sangat diperlukan, jangan biarkan ada salah satu anggota yang mengalami sakit berkelanjutan.

Posted By,
Apotik Herbal Online

Jangan Anggap Remeh Gejala Infeksi Saluran Kemih

0 komentar:

Posting Komentar