Waspada! Bahaya Batuk Berkepanjangan Pada Anak


Bahaya Batuk Berkepanjangan Pada Anak - Jangan menyepelekan apabila anak Anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh dan berkepanjangan! Mengapa demikian? Sebagian besar orang tua biasanya akan menduga sang anak terkena TBC, namun sebaiknya segera dikonsultasikan pada dokter untuk memastikannya.

Batuk merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh yang berfungsi untuk membersihkan saluran pernafasan dari berbagai macam gangguan pada tubuh seperti adanya lendir atau dahak yang mengganggu, debu, asap, atau pun hal yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan.

bahaya-batuk-berkepanjangan-pada-anak

Perlu Anda ketahui, jika batuk yang dialami si kecil sudah berlangsung lebih dari 2 minggu, itu artinya batuk sudah kronis. Maka jangan biarkan apabila mengalami kondisi seperti ini karena beresiko menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya bahkan bisa mengancam kematian.

Jenis Batuk Pada Anak
  • Batuk akut ( >2 minggu), penyebab utamanya yaitu infeksi saluran nafas atas (hidung dan tenggorokan) oleh >80% virus.
  • Batuk Subakut (2-4 minggu), disebabkan oleh post-viral cough atau batuk pasca infeksi virus
  • Batuk kronis (>4 minggu), dapat disebabkan oleh asma, asam lambung yang naik ke kerongkongan(GERD), penyakit genetik, infeksi TBC dan penyakit jantung
Lalu apa yang menyebabkan anak mengalami batuk yang berkepanjangan?

Penyebab utamanya yaitu post-viral cough yang dipicu akibat saluran nafas yang hiper-reaktif dan menyebabkan reseptor batuk mudah teraktivasi. Sehingga batuk akan terjadi walaupun sudah sembuh dari infeksi virus pada saluran nafas atas tersebut.

Sedangkan penyebab umumnya adalah:
  1. Asma. Ialah penyakit yang terjadi karena peradangan kronis di saluran pernafasan sehingga membuat penderita kesulitan bernafas.
  2. Rinitis alergi. Muncul karena adanya peradangan pada lapisan rongga hidung akibat alergi tertentu.
  3. Batuk Rejan. Terjadi karena infeksi bakteri yaitu bakteri B.parapertusis yang sangat berbahaya pada anak berusia 1 tahun.
  4. Bronkitis. Yaitu penyakit pada saluran pernafasan tepatnya pada saluran bronkus atau cabang tenggorokan mengalami peradangan akibat infeksi virus.
  5. TBC. Gejala dari penyakit ini yaitu batuk disertai darah, penyebabnya adalah ketika mycobacterium tuberculosis menginfeksi organ paru yang membuat peradangan dan sulit disembuhkan.
Sebagai orang tua yang bijak, tentunya sangat penting untuk mengetahui bagaimana jika hal ini terjadi pada anak Anda. Kenali gejala serta penyebabnya. Apabila batuk lama pada anak diikuti dengan penurunan nafsu makan, tidak mau main seperti biasanya, rewel, penurunan berat badan, tidak sadarkan diri, dan demam lama segera konsultasikan pada dokter sebelum terlambat.


Waspada! Bahaya Batuk Berkepanjangan Pada Anak

0 komentar:

Posting Komentar