Cara Atau Posisi Tidur Yang Baik Saat Maag Kambuh

Posisi Tidur Saat Maag Kambuh - Penyakit maag sebaiknya tidak boleh disepelekan, perlu diperhatikan apabila Anda mengalami masalah tersebut. Mengapa demikian? Karena pasalnya, penyakit ini sangat berbahaya dan termasuk penyakit yang sifatnya menahun.

Jika Anda mengalami maag setiap hari tentunya harus segera ditangani dengan serius, apalagi kambuh pada saat malam hari, pasti sangat mengganggu tidur Anda bukan? Pernahkah anda bertanya tanya hal apa yang menyebabkan penyakit maag sewaktu-waktu bisa terjadi? Posisi tidur yang salah juga bisa menjadi penyebab penyakit maag Anda.

Menentukan posisi tidur yang baik juga perlu diperhatikan, agar Anda bisa tidur nyenyak saat maag kambuh. Lalu apa yang harus kita perbaiki dari cara atau posisi tidur kita?

Posisi Tidur yang Baik Saat Maag Kambuh

posisi-tidur-saat-maag-kambuh


Peranan tidur bagi kehidupan kita tentunya sudah menjadi kebutuhan. Sehari saja kita tidak atau kurang tidur, badan akan terasa tidak nyaman dan mengganggu kesehatan kita. Salah satu gejala maag yang sering terjadi dan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika tidur adalah nyeri dibagian ulu hati, dan perut terasa melilit serta terbakar. 

Menurut sebuah penelitian, 1 dari 4 orang yang memiliki penyakit maag akan mengalami gangguan tidur akibat gejala yang muncul. Maka dari itu perlunya memperhatikan bagaimana cara atau posisi kita saat tidur. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Atur posisi kepala Anda dengan cara naikkan sekitar 6-8 inchi terhadap tempat tidur untuk mencegah asam lambung naik ke arah esofagus.
  • Tidur dengan posisi ke arah kiri. Karena pada posisi ini, tenggorokan dan perut Anda berada pada tingkat yang sama dan membuat asam lambung mudah mengalir ke kerongkongan Anda. Jadi dapat membuat tidur Anda lebih nyaman dan pulas.
  • Hindari posisi tidur yang telentang. Karena tekanan darah yang besar dari perut akan menekan lambung dan memaksa isinya untuk naik keatas. 
  • Jangan tidur dengan posisi ke arah kanan. Karena asam lambung akan mudah naik keatas akibat melemahnya otot pintu esofagus.
  • Tidak mengenakan pakaian yang ketat.Ketika memakai pakaian yang ketat perut Anda akan mengalami tekanan yang mengarah ke gejala mulas. Gunakan pakain longgar untuk membantu mengurangi tekanan di perut pada saat tidur.
  • Jangan tidur setelah makan, tunggu 3-4jam setelah makan sebelum Anda tidur. Karen hal itu dapat memberi kesempatan pada lambung untuk mencerna makanan.
Dengan melakukan cara cara diatas, Anda dapat meminimalisir munculnya gejala penyakit maag Anda pada saat tidur.  Selain itu hal lain yang harus kita perhatikan untuk menghindari gejala maag saat tidur, diantaranya:
  1. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  2. Menghindari makanan atau minuman beralkohol, kafein, coklat, mint, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, susu, makanan berlemak, pedas, berminyak, dan makanan asam seperti jeruk atau tomat.
  3. Menghindari makan dengan porsi besar, cobalah makan makanan dalam porsi kecil.
  4. Tidak makan di malam hari atau 2-3jam sebelum tidur
  5. Jangan terburu-buru ketika makan, untuk mencegah perut Anda dari produksi asam yang berlebih
  6. Hindari merokok.
  7. Tidak berolahraga setelah makan, karena perut akan mengalami tekanan tinggi akibatnya perut akan sakit dan prosespencernaan tidak efektif.
  8. Tidak makan sambil berdiri atau berbaring.
  9. Biasakan tetap tegak setelah makan.
Dengan melakukan kegiatan diatas Anda bisa meningkatkan kualitas tidur  Anda dan meminimalisir kemungkinan munculnya gejala penyakit maag Anda.


Cara Atau Posisi Tidur Yang Baik Saat Maag Kambuh

0 komentar:

Posting Komentar