Gejala Dan Cara Mencegah Penyakit Miom

Cara Mencegah Penyakit Miom - Miom merupakan tumor non-kanker yang ditemukan dalam dinding rahim dan biasanya sering mengakibatkan perubahan dalam ukuran atau bentuk rahim serta beberapa gejala yang tidak menyenangkan. Namun, penyakit miom juga bisa muncul tanpa adanya gejala. Hingga kini, belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan munculnya miom pada rahim. Akan tetapi kemunculan miom sering dikaitkan dengan hormon estrogen (hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium).
cara-mencegah-penyakit-miom
Biasanya penyakit miom sering menyerang wanita yang berusia sekitar 30-50 tahun. Selain itu, miom juga lebih sering muncul pada wanita yang mengalami obesitas atau memiliki berat badan berlebih. Karena seiring bertambahnya berat badan, maka hormon estrogen yang terdapat dalam tubuh juga akan meningkat.

Penyebab Penyakit Miom
Stres, daya tahan tubuh rendah, gaya hidup yang tidak seimbang dapat menjadi faktor lain yang mengganggu hormon didalam tubuh, sehingga memungkinkan mioma tumbuh. Jumlah kalori dalam tubuh juga dapat mempengaruhi ukuran besar-kecilnya mioma, karena timbunan kalori dalam tubuh mempengaruhi pertumbuhan miom. Mioma akan tumbuh dengan cepat jika Anda tidak dapat mengontrol timbunan kalori yang dikonsumsi. 

Miom juga dapat terjadi karena adanya faktor bakat, yang kemudian dipicu oleh rangsangan-rangsangan hormon (karena emosi tidak stabil), makan sembarangan dan berat badan yang berlebihan. Rangsangan-rangsangan tersebut yang membuat pertumbuhan miom lebih cepat. Namun pertumbuhan miom paling sedikit memerlukan waktu sekitar 8 tahun.

Seringkali miom ini membesar dan bertumbuh keluar dari mulut rahim. Biasanya tumbuh lebih dari satu, terasa seperti kenyal, bentuknya bulat dan berbenjol-benjol sesuai ukuran miom. Beratnya juga bervariasi mulai dari beberapa gram saja , namun bisa juga mencapai 5kg atau lebih.

Gejala Umum Penyakit Miom
  • Rasa nyeri saat haid
  • Keluar haid dalam jumlah banyak
  • Siklus haid tidak teratur
  • Nyeri panggul yang berkepanjangan
  • Perut semakin membesar serta terasa kenyal saat diraba
  • Mengalami anemia
  • Mengalami sembelit
  • Mengalami kesulitan saat hamil
  • Nyeri saat melakukan hubungan intim dengan pasangan 

Cara Mencegah Penyakit Miom

cara-mencegah-penyakit-miom

1. Mengurangi makanan yang berkadar lemak tinggi
Mengonsumsi lemak dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan hormon dan meningkatkan hormon cotisol yaitu hormon penyebab stress. 
2. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan 
Makanan dengan kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas sehingga akan sangat baik dalam pencegahan penyakit miom.
3. Menjaga pola hidup sehat
Hindari asupan makanan yang dapat merusak tubuh dan muali dari sekarang rajinlah berolahraga agar terbebas dari yang namanya penyakit.
4. Mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah
Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga akan meningkatkan stamina tubuh dan menetralisir bahan kimia yang masuk kedalam tubuh kita.
5. Menjaga berat badan agar tetap ideal
Kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko mengembangkan miom sekitar 10-20%. Mengapa demikian? itu mungkin karena tingkat yang lebih tinggi dari estrogen pada wanita obesitas.
6. Mengonsumsi teh hijau atau ekstrak teh hijau
Teh hijau tealh terbukti mengurangi keparahan gejala miom bagi wanita yang sudah memiliki miom. Jika Anda sensitif pada kafein, maka hindari untuk mengonsumsi teh hijau.

Gejala Dan Cara Mencegah Penyakit Miom

0 komentar:

Posting Komentar