Cara Ampuh Mengatasi Tangan Sering Mati Rasa

Cara Mengatasi Tangan Sering Mati Rasa - Jika Anda pernah mengalami mati rasa pada tangan Anda, maka jangan pernah disepelekan. Apalagi jika mengalami perasaan mati rasa dan sensasi kesemutan secara berulang-ulang atau setiap hari, itu merupakan indikasi masalah kesehatan yang cukup lumayan harus diperhitungkan. Umumnya kebanyakan orang seringkali mengabaikannya, bisa jadi kemungkinan besar mati rasa tersebut  menjadi cara tubuh Anda berusaha untuk memperingatkan tentang masalah yang besar.
cara-mengatasi-tangan-sering-mati-rasa
Ketika seseorang mengalami mati rasa, seolah-olah menyentuh jarum terkadang sensasi dapat terasa sedikit seperti terbakar. Pada saat seperti itu maka kemampuan Anda untuk mengambil hal-hal atau melakukan aktivitas tertentu akan terganggu. Mengingat tangan merupakan anggota gerak yang sangat penting dalam aktivitas keseharian kita, maka jika terserang mati rasa akan sangat menyusahkan dan menghambat kinerja keseharian bahkan bisa berujung fatal.

Lalu apa yang menjadi penyebab mati rasa pada tangan Anda?
1. Carpal Tunnel Syndrome
CTS terjadi ketika syaraf yang memberikan perasaan ke tangan Anda menjadi terjepit atau terhambat. Biasanya kondisi ini sering menyebabkan mati rasa pada jari telunjuk dan jari tengah serta ibu jari.
2. Diabetes
Mati rasa juga sering dialami oleh orang yang menderita diabetes, terutama di bagian tangan. Hal ini dikarenakan penyakit ini dapat mempengaruhi saraf ferifer sehingga tangan sering mengalami mati rasa
3. Gangguan Tiroid
Seseorang yang memiliki tiroid kurang aktif atau hipotiroidisme dapat mengakibatkan kerusakan saraf yang menjadi transportasi informasi antara otak dan sumsum tulang belakang juga seluruh tubuh Anda
4. Kelelahan
Kelelahan juga bisa manjadi faktor penyebab tangan mengalami mati rasa. Kelelahan tersebut dipicu  oleh pekerjaan berat dan berulang-ulang dengan memakai tngan, seperti mengetik, menulis atau menjahit.
5. Kekurangan Gizi
Kekurangan gizi atau asupan nutrisi juga memicu terjadinya mati rasa pada tangan Anda, dimana nutrisi sangatlah penting untuk organ-organ vital tubuh Anda untuk berfungsi secara efisien.
6. Penyakit Sistemik
Termasuk gangguan ginjal, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah, amyloidosis, gangguan jaringan ikat, ketidakseimbangan hormon dan kanker serta tumor jinak yang menimpa saraf
7. Penyakit Raynaud
Kondisi ini menyebabkan arteri kecil di jari jari Anda menjadi kejang atau membuka dan menutup dengan sangat cepat. Hal ini dapat menyebabkan mati rasa pada bagian tangan Anda

Cara Mengatasi Tangan Sering Mati Rasa

Dari hasil diagnosa dokter, maka dapat ditentukan tindakan penanganan dan pengobatan yang tepat berdasarkan pada apa yang menjadi penyebabnya. Berikut pengobatan pada umumnya:
  • Anti-inflamasi seperti ibu profen yang digunakan untuk mengatasi tangan kebas yang bersifat ringan
  • Anti-depresan seperti amitriptyline dengan dosis lebih rendah
  • Obat kodein yang digunakan untuk mengatasi tangan mati rasa yang cukup parah.
Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala mati rasa ketika berada didalam rumah juga bisa membantu proses pemulihan pada bagian tangan Anda. Diantaranya:
  • Rentangkan jari-jari Anda selebar yang Anda bisa dan kunci posisi selama 10 detik
  • Gerakan tangan Anda mengikuti arah jaru jam sekitar 10 kali, kemudian balikan arah untuk mengurangi ketegangan otot
  • Putar bahu ke belakang 5 kali, kemudian maju 5 kali serileks mungkin
  • Ulangi latihan ini sepanjang hari untuk mengurangi ketegangan di otot-otot Anda.



Cara Ampuh Mengatasi Tangan Sering Mati Rasa

0 komentar:

Posting Komentar