Cara Cepat Mengobati Migrain Berkepanjangan Dengan Alami

Cara Mengobati Migrain Berkepanjangan - Migrain diketahui sebagai salah satu jenis sakit kepala yang menyerang satu sisi kepala saja. Biasanya rasa nyeri yang ditimbulkan bisa dirasakan pada sisi kepala sebelah kiri atau sebelah kanan. Seringkali migrain ini dianggap remeh oleh masyarakat, padahal ini juga bisa menjadi tanda ada sesuatu yang serius didalam tubuh.

cara-mengobati-migrain

Gejala yang muncul bisa bervariasi pada masing-masing orang dan kadang tidak sama antara satu serangan dengan serangan berikutnya. Umumnya orang yang terkena migrain, ia tidak menyadari apabila gejalanya makin memburuk. Jika diamati perubahan pola atau sakit kepala yang terasa berbeda bisa menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius.

Pengidap migrain lebih sering pada wanita dibandingkan pria. Menurut penelitian dari total populasi manusia berumur 18-65 tahun yang melaporkan pernah mengalami sakit kepala, sekitar 30% merupakan sakit kepala migrain. Pada sebagian orang serangan migrain dapat muncul hanya beberapa kali dalam setahun. Akan tetapi pada penderita lainnya migrain dapat muncul hingga beberapa kali dalam seminggu.

Penyebab Seseorang Terserang Migrain
Penyebab migrain masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor berikut diduga berperan menjadi penyebabnya:
  • Anak-anak yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas
  • Faktor hormon atau perubahan hormon pada wanita saat menstruasi
  • Faktor gen
  • Konsumis makanan atau minuman tertentu, seperti kafein, coklat, keju bumbu penyedap makanan dan alkohol berlebih
  • Stress yang berlebihan
  • Perubahan sementara pada zat kimia, jaringan saraf, otak dan pembuluh darah
  • Faktor pemicu lainnya seperti kelelahan
Jangan Sepelekan Migrain Berkepanjangan!
Mungkin Anda berfikir bahwa migrain atau sakit kepala adalah penyakit yang biasa dan bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal dalam beberapa kasus ada kejadian orang yang meninggal dengan keluhan sakit kepala berkepanjangan. Oleh karena itu, jangan sekali-kali menyepelekan sakit kepala berkepanjangan bisa jadi itu merupakan alarm bahwa Anda menderita penyakit tertentu yang berhubungan dengan otak. Beberapa bahaya migrain berkepanjangan diantaranya meningitis (radang selaput otak, tumor otak, kanker otak, stroke, vertigo, penyakit jantung, serta gangguan tidur atau depresi.

Cara Mengobati Migrain Berkepanjangan Dengan Alami

cara-mengobati-migrain-berkepanjangan

1. Minum Air Hangat
Pada kondisi migrain kronis biasanya gejala yang muncul disertai dengan mual dan muntah. Hal ini terjadi karena asam lambung mendadak naik akibat rasa sakit pada saat migrain. Cobalah minum air putih hangat untuk meredakan sakit kepala serta untuk membantu menurunkan asam lambung agar mual berkurang.
2. Sentuhan Pijat Area Leher dan Wajah
Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi rasa tegang akibat serangan migrain. Otot tubuh akan menjadi rileks sehingga nyeri perlahan dapat hilang.
3. Mengonsumsi Kopi
Kandungan kafein dalam kopi mampu membantu mengurangi migrain yang menyerang kepala. Memang konsumsi kafein berlebih akan berdampak buruk bagi tubuh, tetapi jika mengonsumsi dalam takaran rendah tidak apa-apa. Kafein akan merangsang kecepatan peredaran darah ke otak.
4. Mengonsumsi Air Jahe
Jahe dipercaya mampu mengurangi gejala mual dan muntah yang muncul akibat serangan migrain. Rebuslah irisan jahe dengan segelas air dan segera minum selagi air jahe masih hangat.
5. Buah Pisang
Pisang dikenal dengan kandungan dari potasium serta magnesiumnya yang tinggi dan berfungsi sebagai pereda migrain.
6. Mengonsumsi Berbagai Jenis Makanan dan Minuman Mint
Anda bisa juga membuat teh hangat dengan campuran mint untuk meredakan sakit kepala, pusing dan migrain, karena kandungannya dapat membantu mengurangi ketegangan pada kepala. Menghirup aroma mint juga bisa mengurangi stress dan membuat kamu lebih rileks.
7. Mengompres Menggunakan Es Batu
Kompreskan es batu pada bagian kepala yang sakit, maka bagian kepala Anda yang sakitpun akan mati rasa dan memudar dengan mudah.
8. Relaksasi Aroma Terapi
Anda dapat mendorong tubuh menjadi rileks dengan bantuan minyak lavender dan pepermint. Bakarlah minyak aroma terapi lavender atau pepermint ini dalam wadah keramik aroma terapi Anda. Uap yang dihasilkan akan membuat rileks dan mudah tertidur meskipun rasa sakit masih terasa.
9. Relaksasi Pernapasan
Cobalah untuk duduk atau berbaring sambil menarik napas sedalam mungkin. Kemudian keluarkan secara perlahan-lahan, ulangi beberapa kali hingga merasa lebih tenang. Asupan oksigen ke otak yang dipacu dengan melakukan relaksasi pernafasan dapat membuat tubuh rileks sehingga rasa sakit berkurang.

Tidak selamanya sakit kepala bisa diatasi dengan obat sakit kepala. Bahkan jika tanpa resep dokter, bisa jadi menimbulkan efek samping. Sebaiknya lakukan pencegahan sebelum mengobati, jaga pola hidup sehat dan olahraga secara teratur. Hindari stress yang berlebihan yang memicu migrain terjadi.

Cara Cepat Mengobati Migrain Berkepanjangan Dengan Alami

0 komentar:

Posting Komentar