Ciri ciri, Pantangan serta Pencegahan Penyakit Asam Urat

Ciri ciri Penyakit Asam Urat - Asam urat adalah suatu penyakit yang pada umumnya  sering menyerang orang yang lanjut usia, atau orang dewasa yang sudah masuk umur 40 tahun keatas. Dibandingkan dengan perempuan umumnya lakilaki lebih rawan terkena penyakit ini. 

Asam urat adalah kondisi penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan asam urat didalam tubuh akibat makanan yang telah dikonsumsi. Orang yang terkena penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat pada jam pertama dan dapat berlangsung antara 3-10 hari. 

ciri-ciri-penyakit-asam-urat


Apa Penyebab Penyakit Asam Urat?

Asam urat merupakan sisa dari metabolisme pada zat purin yang asalnya dari makanan. Dalam keadaan normal apabila seseorang mengonsumsi purin maka asam urat hasil metabolisme akan dikeluarkan oleh tubuh. Jika asam urat masuk secara berlebihan, maka ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat tersebut selanjutnya terjadi pembengkakan akibat asam urat yang berkumpul.

Gejala atau Ciri ciri Awal Penyakit Asam Urat 

Gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba. Puncak rasa sakit yang pertama pada penderita asam urat yaitu pada waktu 6 sampai 40jam pertama. 

Setelah 3-10 hari selanjutnya nyeri akan hilang dan bengkak akan mulai tidak terlihat. Akan tetapi itu belum sepenuhnya sembuh, radang sendi akibat asam urat tersebut sewaktu-waktu dapat kambuh lagi. Sebelum Anda mencari upaya pencegahannya, sebaiknya Anda kenali dulu gejalanya. Diantaranya : 

1.  Pembengkakan Pada Sendi. Sendi akan terasa ngilu, nyeri, kesemutan, linu bahkan bengkak dan memerah akibat sendi yang meradang.
2.  Pada pagi hari atau malam hari sendi sering merasa nyeri.
3.  Kaki seperti terbakar. Yang diakibatkan asam urat yang sangat tinggi.
4. Sendi terasa kaku. Hal ini perlu penanganan yang sangat serius karena berbahaya dan bisa mengakibatkan sendi mati atau mengalami kelumpuhan.
5. Lebih Mudah Emosi. Hal ini karena kondisi tubuh bagian persendian merasa tidak nyaman, sehingga membuat si penderita menjadi mudah emosi. Bahkan jika lebih mudah emosi bisa menyebabkan penyakit lain yang mengerikan.
6. Sulit tidur. Akibat rasa tidak nyaman dan tidur menjadi tidak rileks serta terganggu.
7. Nyeri secara berulang-ulang. 
8. Nyeri pada tumit.

Setelah mengetahui gejala awal atau ciri ciri apabila seseorang terkena penyakit asam urat, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan upaya penanganan selanjutnya. Umumnya kadar asam urat yang normal pada pria adalah berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl, sedangkan pada wanita kadar normalnya adalah berkisar 2,6 hingga 6 mg/dl. Biasanya untuk penderita asam urat memiliki kecenderungan penyakit lainnya seperti hipertensi, ginjal ,juga diabetes, apabila tidak ditangani sesegera mungkin. 

Lalu, bagaimana cara atau upaya yang bisa dilakukan agar kita tercegah dari penyakit asam urat?  
Guna mencegah serta menghambat penyakit asam urat ada beberapa hal-hal yang harus dihindari yaitu hindari makanan seperti jeroan, makanan laut, makanan ekstra daging, makanan yang dikalengkan, makan yang berbahan daging, makanan unggas, serta kacang-kacangan. 

Selain itu hindari juga sayuran seperti kangkung, daun pepaya, daun singkong, buncis, asparagus, bayam dan kembang kol, telur, keju , es krim, kaldu, buah-buahan (duria, air kelapa, nanas) , makanan kaya protein, lemak, dan aspirin.

Selain tindakan pencegahan, tindakan penanganan bagi penderita asam urat juga bisa dilakukan dengan cara berikut :
Siapkan kantong es, kemudian tempelkan pada bagian sendi Anda yang nyeri. Anda juga bisa mengonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit. Dan untuk mencegah kambuhnya rasa nyeri muncul anda bisa mengonsumsi obat penurun kadar asam. 

Waspadalah apabila Anda mengalami gejala penyakit asam urat. Penanganan yang serius tentunya sangat perlu diperhatikan dan diutamakan, sebelum Anda mengalami hal hal serius yang tidak diinginkan. Makanlah makanan yang memiliki asupan gizi serta minum air putih yang cukup agar aktifitas badan dan ginjal menjadi lancar. Serta senantiasa menjaga pola hidup yang baik.






Ciri ciri, Pantangan serta Pencegahan Penyakit Asam Urat

0 komentar:

Posting Komentar