Ciri ciri dan Upaya Pencegahan Penyakit Darah Tinggi

Ciri ciri penyakit darah tinggi - Tahukah anda tentang penyakit darah tinggi? Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih)  meningkat. Tekanan darah tinggi juga biasa disebut hipertensi. Kondisi penyakit ini biasa dikenal sebagai "pembunuh diam-diam" karena jarang memiliki gejala yang jelas.

Ciri ciri Penyakit Darah Tinggi


Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda terkena hipertensi atau tidak adalah dengan mengukur tekanan darah. Sebaiknya periksa tekanan darah  Anda setidaknya setiap 5 tahun sekali.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa gejala atau ciri-ciri apabila seseorang mengalami penyakit darah tinggi. Berikut adalah ciri-cirinya:

1. Sakit kepala atau Pusing

Rasa sakit kepala bisa menjadi pertanda awal penyakit darah tinggi. Namun seringkali kebanyakan orang tidak menyadari hal tersebut sebagai ciri ciri darah tinggi. Jika sakit kepala datang tiba-tiba tanpa sebab yang pasti, Anda harus berwaspada dan segera berkonsultasi pada dokter.

2. Sakit pada bagian kepala pada bangun tidur

Selain merasa pusing gejala lain jug apada penderita penyakit hipertensi adalah rasa sakit di kepala pada saat bangun tidur. Gejala ini bisanya terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak sembuh meski sudah melakukan pengobatan.

3. Mimisan

Tidak jarang mimisan adalah salah satu ciri-ciri orang yang mengalami penyakit hipertensi atau darah tinggi. Sebaiknya Anda berhati-hati ketika mengalaminya, dan jangan menyepelekan hal tersebut. Segera konsultasikan pada dokter agar anda mengetahuinya.

4. Mati Rasa dan Kesemutan

Apabila Anda mengalami gejala tersebut, taraf hipertensi Anda tergolong sudah parah. Bisa jadi kesemutan ini merupakan gejala awal penyakit stroke yang bisa membahayakan jiwa Anda. Gejala ini diakibatkan oleh kerusakan syaraf yang terjadi didalam tubuh akibat tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. Maka sebaiknya segera dilakukan tindakan medis.

5. Mual dan Muntah

Mual dan muntah umumnya merupakan gejala pada penyakit lain juga, seperti gejala apabila Anda terkena masuk angin. Akan tetapi, gejala yang terjadi pada penderita penyakit darah tinggi biasanya disertai dengan pandangan yang kabur atau berkunang-kunang dan nafas yang cepat atau sesak.

6. Terdapat Titik Darah Pada Mata

Bercak merah pada mata umumnya merupakan ciri-ciri yang mudah dikenali. Cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter, apakah ada kerusakan syaraf pada mata Anda, jika tidak ada penyebab yang berhubungan dengan mata kemungkinan Anda terkena hipertensi atau darah tinggi.

7. Merasa cepat lelah dan letih.
8. Pandangan mata menjadi kabur atau rabun.
9. Sering merasa gelisah bahkan pelupa.
10. Sulit berkonsentrasi dan mudah marah.

Setelah mengetahui ciri-ciri tersebut, dapat membantu kita untuk menghindari dampak atau resiko buruk yang membahayakan tubuh kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Agar kita tidak terkena penyakit hipertensi lebih baik kita menghindarinya.

Berikut adalah upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah hipertensi/darah tinggi:

a. Perbaiki pola hidup Anda sejak dini, dan berolahraga secara teratur.
b. Mengonsumsi makanan sehat serta rendah lemak atau pola makan yang teratur.
c. Kurangi konsumsi garam.
d. Hindari stress yang berlebihan yang akan menyebabkan tekanan darah anda naik.
e. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
f. Menjaga pola tidur dengan teratur.
g. Hindari minuman atau makanan yang mengandung kafein atau alkohol dengan konsumsi lebih.

Mudah bukan caranya, lebih mudah dan murah mencegah daripada mengobati. Jagalah kesehatan Anda sebelum terlambat dan menyesal. Cobalah kenali gejalanya dan mulai mempraktekan upaya pencegahannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri ciri dan Upaya Pencegahan Penyakit Darah Tinggi

0 komentar:

Posting Komentar