Ciri Ciri dan Tanda Penyakit Epilepsi

Ciri Ciri Penyakit Epilepsi - Perlu diketahui, epilepsi adalah murni gangguan organik atau penyakit dan bukanlah sebuah kutukan sebagaimana persepsi masyarakat umum. Penyakit ini dapat terjadi pada siapapun walaupun dari garis keturunan tidak ada yang pernah mengalami epilepsi. Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang berbahaya karena sewaktu-waktu dapat menyerang penderita.

ciri-ciri-penyakit-epilepsi

Apa itu penyakit epilepsi?
Penyakit epilepsi merupakan penyakit yang mengganggu saraf atau bagian saraf yang berfungsi untuk mengatur tingkat gerak dan juga kesadaran pada otak manusia. Sel saraf akan dapat bekerja dengan baik dan saling menghubungkan antar sel saraf satu ke sel saraf lainnya dengan dibantu oleh arus listrik didalam tubuh. Sehingga jika bagian arus listrik yang berfungsi untuk menghubungkan seluruh nya mengalami gangguan dapat mengganggu kesadaran manusia dan fungsi geraknya.

Penyebab Penyakit Epilepsi
Epilepsi akan mudah terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang menderita epilpesi sebelumnya. Selain karena adanya faktor genetik, epilepsi ini dapat terjadi dikarenakan oleh adanya suatu penyakit di kepala atau otak dan akibat adanya gangguan pada saraf penghubung di kepala, sehingga jika kepala mengalami masalah atau penyakit dapat menyebabkan penyakit epilepsi. Faktor lain yang memicu terjadinya penyakit epilpesi yaitu pernah mengalami cedera otak yang cukup parah dan juga serius, terdapat tumor pada otak, penyakit stroke, peradangan pada otak dan meningitis.

Ciri Ciri Penyakit Epilepsi

1. Mendengar atau Mengalami Sesuatu Yang Tidak Tahu Penyebabnya
Pada saat seperti ini penderita akan memiliki rasa halusinasi yang tinggi, yang ujung-ujungnya akan mengalami kegilaan. Maka dari itu perlunya menjaga kondisi fisik dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami epilepsi.
2. Kepala Pusing
Biasanya disebabkan oleh kurangnya istirahat, telat makan, dan terlalu banyak pikiran
3. Tatapan Mata Kosong
Penderita akan mendadak berhenti untuk melakukan aktifitas yang dilakukannya dan akan menatap dengan tatapan mata yang kosong seperti orang yang sedang melamun memikirkan sesuatu. 
4. Kejang Total (Total Convulsions)
Pada saat kondisi seperti ini penderita akan kehilangan kesadaran dan bahkan sampai jatuh ke tanah. Biasanya berlangsung sekitar 2-5 menit dan tubuh penderita akan kaku dan bergetar tidak terkendali. Penderita akan mengalami kehilangan kontrol kandung kemihnya sehingga bisa keluar air seni tanpa disadari dan air liur yang keluar dari mulutnya disertai dengan bola mata yang memutar ke belakang.
5. Kedutan (Twitching)
Kemungkinan gejala kedutan dimulai dari satu jari atau telapak tangan dan menjalar ke seluruh anggota gerak tubuh.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika Anda terkena penyakit epilepsi?
Penyakit epilepsi tidak dapat disembuhkan secara permanen, namun gejala dari penyakit epilepsi dapat dicegah agar tidak terjadi atau tidak kambuh kembali. Lakukan pemeriksaan pada bagian kepala terlebih dahulu, agar penyebab utama dari penyakit epilepsi dapat diketahui dengan jelas. Setelah itu biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang akan menurunkan atau mencegah penyakit epilepsi jika kambuh kembali. Pemberian obat juga disesuaikan dengan penyebab terjadinya epilepsi dan umur pasien yang mengalami epilepsi.

Ciri Ciri dan Tanda Penyakit Epilepsi

0 komentar:

Posting Komentar