Waspada! Ciri Ciri Penyakit Liver yang Sudah Parah

Ciri ciri penyakit liver yang sudah parah- Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit liver? Penyakit liver adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar setelah penyakit kanker. Penyakit liver menempati urutan ke tujuh yang menjadi penyebab penderitanya kehilangan nyawanya.

Penyakit liver merupakan kerusakan fungsi hati yang sudah pada tahap yang cukup parah. Kondisi tersebut jelas berbahaya dan mematikan mengingat hati memiliki peranan vital dalam tubuh kita. Selain sebagai penyaring racun dalam tubuh, hati berfungsi untuk membuat dan mengeluarkan empedu, memproduksi protein dan mencegah pembekuan darah.
ciri-ciri-penyakit-liver-yang-sudah-parah
Sebelum mengetahui apa saja gejala atau ciri ciri apabila seseorang terkena penyakit liver, sebaiknya kita kenali dulu apa saja penyebab yang dapat memicu terkenanya penyakit liver. 

Hal Hal yang Menyebabkan Penyakit Liver
1. Akibat pola hidup yang tidak sehat.Misalnya kebiasaan buruk merokok, atau sering mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
2. Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Masih suka menyantap makanan yang kurang asupan gizinya, seperti junkfood.
3. Akibat sering mengonsumsi obat tertentu secara berlebihan, yangdapat merusak organ tubuh livernya.
4. Paparan bahan kimia tertentu atau racun.
5. Penyuntikan obat menggunakan jarum bersama.
6. Tingginya kadar trigliserida dalam darah Anda.

Selain mengetahui penyebab yang dapat memicu terkenanya penyakit liver, perlu kita ketahui juga gejala atau ciri ciri penyakit liver ini, utamanya liver kronis sebelum hal hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda.

Berikut Gejala/Ciri ciri Penyakit Liver pada umumnya:
  • Timbul warna kekuningan pada organ penghilatan dan organ peraba.
  • Sakit pada bagian perut atau organ pencernaan serta akan mengalami pembengakakan.
  • Bengkak pada bagian kaki , pada umumnya adalah pada bagian pergelangan kakinya.
Gejala diatas merupakan gejala yang sering terjadi pada umumnya, bisa jadi gejala tersebut merupakan gejala awal penyakit liver yang dibilang cukup parah atau kronis. Perlu kita ketahui juga gejala yang dialami oleh penderita penyakit liver kronis, dan tentunya harus ditindaklanjuti untuk mendapatkan penangan yang lebih serius.

Lalu, Apa Saja Ciri Ciri Penyakit Liver yang Kronis? 
1.  Gatal-gatal pada sekujur tubuh, yang diakibatkan deposit garam empedu di kulit.
2.  Muncul warna kekuningan di kulit dan bagian mata.
3. Kejang, yang hampir sama dengan kejang-kejang yang dipicu akibat penyakit lain seperti ayan/epilepsi.
4.  Mulut dan badan bau,
5.  Turunnya nafsu makan dan berat badan.
6.  Mudah memar ditubuh, yang dipicu oleh tubuh yang kekurangan asupan protein.
7.  Nyeri dibagian perut dan mengalami pembengkakan.
8.  Perubahan warna urine yang menjadi gelap.
9.  Sering mual dan muntah.
10. Mudah lesu dan bingung akibat meningkatnya kadar amonia darah.
11. Berkurangnya selera makan secara drastis, yang berakibat pada penurunan bobot tubuh secara tajam.

Sudah sangat jelas, secara kasat mata ciri ciri yang dialami bagi penderita penyakit liver yang kronis bisa dilihat oleh semua orang. Hal tersebut penting diwaspadai dan diketahui sejak dini sebelum Anda mengalami hal yang sangat serius dan membahayakan jiwa Anda. 

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan apabila Anda terkena penyakit liver? 
Ingat! Janganlah sesekali Anda menyepelekan kondisi penyakit ini, Jangan biarkan Anda menyesal, bisa jadi masalah penyakit ini bisa berkembang dan menjadi semakin parah. Sebaiknya segera lakukan penanganan medis. 

Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha, maka dari itu berusahalah semaksimal mungkin untuk mencegah akan datangnya penyakit liver ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati, seperti kata pepatah. Pencegahan yang dilakukan secara dini tentunya dapat menangkal seseorang agar tidak terjangkit penyakit liver ini.

Hal Hal yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mencegah Penyakit Liver :
  • Hindari Lemak Jenuh. Biasanya penderita penyakit liver membutuhkan sedikit juga asupan lemak, namun lemak disini adalah lemak sehat. Anda harus tetap menghindari lemak jenuh serta trans lemak.
  • Sayuran Hijau. Kandungan klorofil pada sayuran mampu menghisap racun didalam aliran darah, Anda bisa mengolahnya menjadi jus, ataupun mengonsumsi dalam keadaan masih mentah.
  • Wortel. Wortel mampu merangsang dan meningkatkan fungsi liver Anda secara keseluruhan.
  • Membatasi Cairan Sodium. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan sodium diantaranya sup atau sayuran dalam uarkan racun dan pembersihan hati
  • Teh Hijau. Kandungan antioksidan pada teh hijau ini mampu membantu kinerja liver dan juga baik bagi diet Anda.
  • Bawang Putih. Mampu mengaktifkan enzim didalam hati yang berguna membantu mengeluarkan racun serta daoat membantu pembersihan hati
  • Jeruk Bali. Selain memiliki vitamin C yang tinggi jeruk bali juga memiliki kadar antioksidan yang mampu membersihkan hati secara alami. 
  • Menerapkan pola hidup yang sehat.
  • Menjaga pola makan dengan teratur.
  • Rajin berolahraga.
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol.



Waspada! Ciri Ciri Penyakit Liver yang Sudah Parah

0 komentar:

Posting Komentar