Tanda dan Gejala Infeksi Lambung

Gejala Infeksi Lambung - Lambung merupakan salah satu organ dalam tubuh yang menjadi bagian dari sistem pencernaan, fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan sekaligus mencerna makanan. Mengingat lambung sangat penting bagi proses pencernaan, saat ini ada banyak sekali penyakit-penyakit yang mempengaruhi lambung, salah satunya infeksi lambung.
gejala-infeksi-lambung
Infeksi lambung adalah peradangan pada lapisan lambung yang disebabkan oleh mikroorganisme, yaitu oleh bakteri Helycobacter Pylori. Peradangan lambung (gastritis) yang terus menerus terjadi bisa menimbulkan kerusakan pada lapisan lambung, membentuk luka (tukak lambung) atau ulkus peptikum, pendarahan dan bisa berakhir dengan rusaknya seluruh lapisan lambung sehingga menjadi bocor (perforasi).

Lalu bagaimana terjadinya infeksi lambung?
Pada dasarnya lambung menghasilkan asam yang berfungsi mencerna makanan. Agar lambung tidak rusak karena asam lambung, maka lambung memproduksi lendir sebagai pelindung alami. Jumlah lendir pelindung dan asam lambung pada keadaan normal adalah seimbang. Selain melindungi dinding lambung, lendir ini juga melindungi duodenum (bagian pertama usus kecil). Gastritis atau tahap awal infeksi lambung dapat terjadi jika jumlah asam lambung lebih banyak dibdningkan dengan lendir pelindung, sehingga asam lambung mengikis dinding lambung.

Penyebab lain infeksi lambung
Penyebab infeksi lambung tidak hanya karena kadar asam lambung tidak seimbang atau karena adanya bakteri H. pylori didalam lambung, melainkan ada hal atau faktor lain juga yang menjadi pemicu infeksi lambung terjadi. Diantaranya:
  • Akibat obat anti-inflamasi non-steroid, Konsumsi minuman beralkohol
  • Gangguan autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan sel tubuh.
  • Stress berlebih
  • Penyakit kritis atau operasi besar
Tanda dan Gejala Infeksi Lambung
  1. Bersendawa berlebihan atau berkepanjangan
  2. Perut terasa kembung
  3. Mual hingga muntah-muntah
  4. Menurunnya selera makan
  5. Nyeri dibagian ulu hati
  6. Penurunan berat badan
  7. Wajah terlihat pucat dan suhu tubuh naik
  8. Berkeringan dingin
  9. Kram perut dan diare
  10. Jika sudah terjadi peradangan bisa disertai dengan pendarahan sehingga urin berwarna kehitaman
Segera lakukan penanganan yang lebih serius apabila Anda mengalami beberapa gejala ini menetap beberapa minggu bahkan setelah diobati dengan obat sederhana, periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab dan pengobatannya sejak dini sebelum menjadi semakin parah dan memicu terkena lambung bocor atau kanker lambung.

Tanda dan Gejala Infeksi Lambung

0 komentar:

Posting Komentar