Makanan Paling Baik Untuk Penderita Flek Paru Paru

Makanan Untuk Penderita Flek Paru Paru - Ada banyak jenis penyakit yang berbahaya dan dapat menyerang tubuh kita kapan saja apabila kesehatan tubuh kita tidak dijaga dengan baik, salah satunya adalah penyakit flek paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi yang ditimbulkan oleh mikroorganisme bakteri yang dikenal dengan basil tuberkel atau Mycrobacterium tuberculosis.

makanan-untuk-penderita-flek-paru-paru

Flek paru-paru atau TBC (Tuberculosis) adalah suatu penyakit yang tergolong penyakit menular. Penularannya bisa melalui media bicara, bersin, batuk, meludah serta mengeluarkan dahak. Maka dari itu disarankan agar kita tidak terlalu dekat atau kontak fisik secara berlebihan dengan penderita flek paru-paru.

Umumnya penyakit ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dan saat ini penderita penyakit flek paru-paru di Indonesia menduduki urutan terbanyak ke dua setelah Tiongkok. Ketidakpatuhan minum obat, munculnya HIV/AIDS, serta kondisi gizi penderita yang buruk menjadi penyebab semakin buruknya kondisi penyakit flek paru-paru di Indonesia.

Penyebab dan Gejala Penyakit Flek Paru Paru

Penyebab utama penyakit ini adalah oleh bakteri yang menyebar dari satu orang ke orang yang lainnya melaui tetesan mikroskopis (komunikasi, batuk, meludah, tertawa, bersin). Namun ada faktor lain yang dapat mengembangkan flek paru-paru, diantaranya :
  • Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Kurangnya perawatan medis
  • Penylahgunaan zat seperti penggunaan obat tertentu atau penggunaan alkohol berlebih
  • Seseorang yang berkunjung atau tinggal di daerah yang berpotensi untuk perkembangan virus TB seperti Afrika, India, Pakistan, Rusia, Cina, dan beberapa negara lainnya.
  • Faktor tempat tinggal maupun jenis pekerjaan
Adapun gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit ini antara lain yaitu batuk yang berkepanjangan, batuk berdarah, dada sakit, berat badan menurun, mudah lelah, demam, berkeringat di malam hari, panas dingin, serta turunnya nafsu makan.

makanan-untuk-penderita-flek-paru-paru

Makanan Paling Baik Untuk Penderita Flek Paru Paru
  1. Makanan yang mengandung vitamin C. Misalnya jeruk, kiwi, strawberry, anggur, nanas, mangga
  2. Sayuran segar. Seperti kol, brokoli, kubis
  3. Makanan dengan kandungan folat. Dapat melindungi paru-paru dari kanker, seperti bayam, asparagus, buah jeruk, kacang dan alpukat
  4. Bawang Putih. Kandungan zat allicin nya mampu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru.
  5. Buah dan sayur yang mengandung karotinoid. Seperti wortel, ubi jalar, sayuran hijau gelap, tomat yang bisa mengurangi resiko kanker paru-paru.
  6. Jahe dan Kunyit. Yang mampu meringankan peradangan serta menghilangkan zat penyebar kanker paru-paru.
  7. Makanan yang mengandung magnesium. Diantaranya kacang-kacangan, alpukat,pisang, ikan dan buah buahan kering
  8. Buah delima dan Anggur. Mampu meningkatkan suplai darah dan menghilangkan zat beracun dari paru-paru
Selain pengobatan yang teratur serta rutin mengonsumsi bahan bahan alami, Anda juga harus tahu apa saja pantangan makanan bagi penderita flek paru-paru. Agar proses pengobatan menjadi efektif serta mempercepat proses penyembuhannya. Berikut pantangan makanan bagi penderita flek paru-paru diantaranya, daging kambing, alkohol, ikan asin, terasi merah, kafein, acar, makanan penyebab alergi (kedelai, gandum, ikan, kacang, susu sapi, dan telur)

Untuk sembuh dari penyakit flek paru-paru, tidak cukup hanya peran serta pemerintah saja, perlu kesadaran dan niat yang kuat dari pengidap untuk terbebas dari penyakitnya merupakan faktor yang paling utama dari pengobatan penyakit flek paru-paru ini.


Makanan Paling Baik Untuk Penderita Flek Paru Paru

0 komentar:

Posting Komentar