Cara Mengatasi Detak Jantung Tidak Teratur Secara Alami

Mengatasi Detak Jantung Tidak Teratur - Apakah Anda merasa detak jantung anda berdebar dan tidak teratur? Tentunya kondisi ini membuat sebagian orang menjadi khawatir. Aritmia jantung tidak menimbulkan rasa sakit apapun namun hanya perasaan jantung yang berdebar secara tidak normal.

mengatasi-detak-jantung-tidak-teratur

Banyak orang yang mengira, hal tersebut adalah biasa namun kita perlu mewaspadainya, bisa jadi itu gejala penyakit aritmia jantung. Hampir 20% kematian di dunia diakibatkan oleh penyakit jantung. Maka dari itu, perlunya penanganan medis sangatlah penting dilakukan, hal ini bertujuan agar dokter bisa segera mendiagnosa jenis aritmia yang dialami dengan cepat dan tepat.

Pengobatan Aritmia
Untuk masalah pengobatan biasanya diberikan oleh dokter, apakah aritmia berpotensi menjadi lebih buruk atau menyebabkan komplikasi. Berikut jenis pengobatan aritmia jantung:
  • Obat-obatan, seperti aspirin, warfarin, rivaroxaban, dan debigatran yang menurunkan risiko terjadinya penggumpalan darah dan stroke.
  • Implantable cardioverter defibrillator (ICD) dan Alat picu jantung . Alat ini dipasang di bawah kulit dada bagian atas pasien. Ketika alat ini mendeteksi adanya perubahan ritme jantung, alat ini akan mengirim sengatan listrik pendek ke jantung guna menghentikan ritme yang tidak normal tersebut dan membuatnya kembali normal.
  • Kardioversi. Hal ini dilakukan apabila kasus aritmia tidak bisa ditangani dengan obat-obatan dan biasa diberikan pada kasus aritmia fibrilasi atrium dan takikardia supraventrikultural. Dokter akan memberikan kejutan listrik ke dada pasien agar denyut jantung kembali normal. 
  • Metode Ablasi. Jika aritmia letak penyebabnya sudah diketahui, dokter akan memasukan sebuah kateter dengan panduan X-ray melalui pembuluh darah di kaki. Ketika kateter berhasil menemukan sumber gangguan irama jantung, maka akan merusak bagian kecil jaringan jantung tersebut.
Cara Jitu Mengatasi Detak Jantung Tidak Teratur Secara Alami
  • Menjaga pola hidup sehat dan makan teratur.
  • Menghindari kebiasaan merokok.
  • Menghindari konsumsi alkohol dan kafein.
  • Jangan melakukan aktifitas berat.
Selain melakukan hal-hal diatas, berikut ini adalah cara mengatasi aritmia dengan mengonsumsi bahan-bahan alami, diantaranya :
1. Buah Pisang, untuk menjaga fungsi jantung, membantu tekanan darah yang sehat, serta menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.
2. Jagung, untuk menstabilkan detak jantung manusia.
3. Apel, kandungan flavonoidnya berguna untuk membersihkan plak pada arteri jantung serta menstabilkan ritme jantung.
4. Tomat, selain kaya akan vitamin tomat juga mengandung lycopene yang berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung.
5. Sayur Bayam, dapat membantu mrngontrol tekanan darah tinggi yang sangat baik bagi penderita aritmia.
6. Mengkudu, caranya dengan dibuat jus atau direbus lalu diminum airnya, fungsinya untuk mengatasi aritmia yang tergolong akut.
7. Jahe, bermanfaat untuk meredakan akibat penyakit jantung dan meredakan resiko kegagalan jantung pada saat jantung berdetak tidak normal.
8. Telur Ayam Kampung, boleh dikonsumsi secara mentah asalkan kuning telurnya saja, karena putih telur akan mengakibatkan hal yang sebaliknya bagi kesehatan jantung Anda. 
9. Buah Naga, dapat mengurangi resiko bahaya penyakit jantung aritmia, fungsi lain juga dapat mengeruk sel-sel kanker dan memberikan nutrisi pada jantung.
10. Kacang Hijau, mengandung antioksidan, fitoestrogen, dan pitosterol yang membantu memperbaiki permasalahan jantung Anda.

Meskipun cara pengobatan dengan bahan alami cenderung memakan waktu yang lebih lama namun terbukti jauh lebih aman dibandingkan pengobatan dari bahan kimia. Cintai jantung Anda sejak dini, sebelum terjadi hal-hal yang diinginkan.


Cara Mengatasi Detak Jantung Tidak Teratur Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar