Olahraga Yang Baik Untuk Aritmia Jantung

Olahraga Untuk Aritmia Jantung - Jantung merupakan salah satu organ vital tubuh, karena fungsi jantung yang memiliki peranan penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Tugas utama jantung adalah memompa darah yang akan disalurkan ke seluruh tubuh. Maka dari itu, jantung menjadi salah satu organ tubuh yang rawan terhadap penyakit. Salah satunya aritmia jantung.

olahraga-untuk-aritmia-jantung

Aritmia Jantung
Kebanyakan orang seringkali menganggap enteng dan tidak memperhatikan kecepatan denyut jantung normal mereka, padahal jika dibiarkan berlarut-larut, jantung berdebar bisa berakibat fatal. Jika Anda merasakan detak jantung yang tidak teratur, segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

Aritmia adalah kondisi gangguan pada jantung yang menyebabkan irama detak jantung tidak teratur atau tidak seperti layaknya kondisi normal. Umumnya kelainan ini paling banyak tidak disadari gejalanya dibandingkan jenis kelainan jantung lainnya.

Padahal aritmia bisa memperparah penyakit jantung yang diderita.Karena pada saat aritmia, jantung mengalami kesulitan memompa darah sehingga tidak efisien. Perlunya penanganan serius sangatlah penting, mengingat resiko yang akan berakibat fatal seperti kematian.

Penyebab dan Gejala Aritmia Jantung
Penyebab penyakit aritmia jantung, diantaranya:
  • Kadar elektrolit yang tidak seimbang
  • Pemakaian obat-obat terlarang
  • Kebanyakan mengonsumsi alkohol
  • Kebiasaan merokok
  • Akibat penyakit lainnya (seperti gangguan kelenjar tiroid, diabetes, hipertensi)
Gejala yang sering terjadi :
  • Sering merasa cemas
  • Ritme jantung abnormal/tidak normal
  • Sering berdebar-debar
  • Sering merasa gelisah
  • Telapak tangan dan kaki sering berkeringat dan terasa dingin
Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Aritmia Jantung

olahraga-untuk-aritmia-jantung

1. Jalan Kaki atau Jalan Santai
Tujuannya untuk menjaga kebugaran tubuh serta menjaga kestabilan detak jantung. Lakukan setiap pagi dan sore, minimal 30 menit/hari. Atau Anda bisa juga menggunakan alat lari treadmill yang diatur dengan kecepatan paling rendah. 
2. Jogging atau Jalan Cepat
Jogging dapat membuat semua area kaki  bergerak, sehingga pembuluh darah yang sempit menjadi lebar, yang tertutup jadi terbuka, dan membentuk pembuluh darah baru. Akibatnya aliran darah dan kinerja jantung menjadi lancar.
3. Senam Aerobik
Jika Anda ingin berolahraga yang lebih menyenangkan, Anda bisa juga melakukan senam aerobik. Meskipun kelihatannya cukup sulit dan membutuhkan banyak tenaga, namun masih tergolong aman untuk penderita jantung. Karena tidak terlalu memberi tekanan pada otot, dan dilakukan dengan santai. Selain menjaga bentuk tubuh, senam aerobik juga mampu memaksimalkan kinerja jantung. 
4. Bersepeda
Rajin bersepeda dengan mengayuh 35 km / minggu akan dapat membantu menghilangkan resiko terserang penyakit jantung hingga 50%. Kita juga bisa melakukan kebiasaan bersepeda sebagai olahraga aritmia jantung.
5. Yoga atau Meditasi
Selain mengatur pernafasan, yoga juga dapat membantu dalam konsentrasi pikiran. Lakukan dengan 3 fase selama 30-50 menit.
  • Fase pertama (warm), lakukan selama 5-10 menit.
  • Fase kedua (training/conditioning, lakukan selama 20 menit.
  • Fase ketiga (down), lakukan selama 5-10 menit.
Anda bisa juga melakukan yoga dengan didampingi instruktur yang berpengalaman agar hasilnya lebih baik.

Nah, itulah beberapa cara olahraga yang bisa dilakukan bagi seseorang yang terkena aritmia jantung. Dengan melakukan kebiasaan secara rutin, Anda akan dapat merasakan perubahannya. Tubuh Anda akan terasa lebih segar dan bugar, konsentrasi menjadi penuh, serta bisa dilakukan sebagai pencegahan penyakit jantung.




Olahraga Yang Baik Untuk Aritmia Jantung

0 komentar:

Posting Komentar