Jenis Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit TBC

Pantangan Makanan Penyakit TBC - Tahukah Anda tentang penyakit TBC? TBC (Tuberkulosis) adalah jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri mycrobacterium tuberculosis, yang merupakan obligat patogen bakteri spesies dalam keluarga mycobacteriaceae dan agen penyebab tuberkulosis. Bakteri ini bisa juga menyerang tulang, kelenjar dan paru-paru, namun paling banyak dibagian paru-paru.

Pantangan-makanan-tbc

Penyakit ini besifat menular melalui udara dari seseorang penderita ketika mereka batuk, bersin atau berbicara ke orang lain. Infeksi TBC umumnya bersifat asimtomatik dan laten. Namun hanya satu dari sepuluh kasus infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. Bila tidak segera diobati lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal.

Gejala Penyakit TBC
  • Biasanya penderita mengalami demam lebih dari sebulan
  • Berkeringat waktu malam hari tanpa penyebab yang jelas
  • Badan sering merasa lemah dan lesu
  • Batuk berdahak disertai keluarnya darah
  • Nyeri pada bagian dada dan terasa sesak
  • Urin berubah warna menjadi kemerahan atau keruh
  • Mengalami penurunan berat badan
  • Hilangnya nafsu makan
Di negara maju penyakit ini mulai bisa ditanggulangi atau dicegah dengan pemberian vaksin yang efektif. Namun di negara berkembang kasus penyakit ini masih banyak dijumpai, meskipun korban jiwa lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Pola makan yang benar sangat menentukan perkembangan kesehatan dan efektifitas pengobatan bagi penderita, maka dari itu suatu keharusan bagi penderita untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangannya.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit TBC

Pantangan-makanan-penyakit-tbc
1. Makanan Berminyak
Menurut organisasi kesehatan dunia, makanan berminyak dapat memperburuk gejala yang menyertai tuberkulosis, seperti diare, kram perut dan kelelahan.
2. Minuman Berkafein dan Alkohol
Mengonsumsi kafein berlebih dapat memiliki efek diuretik atau cairan pembilasan. Akibatnya membuat penderita sulit tidur dan bisa memperlambat proses penyembuhan
3. Makanan dan Minuman Berpengawet Tinggi 
Zat pengawet yang masuk kedalam tubuh akan semakin melemahkan daya tahan tubuh penderita. Sedangkan tubuh memerlukan imunitas untuk melawan infeksi bakteri.
4. Makanan yang Mengandung Lemak Trans
Lemak trans adalah lemak yang diciptakan melalui proses dimana hidrogen ditambahkan kedalam minyak nabati. Lemak ini dapat menyebabkan kadar kolesterol naik dan peradangan. Untuk menghindari lemak ini, hindari beberapa makanan seperti kue, pie, margarin, pancake, waffles, es krim, non dairy creamer, popcorn dalam kemasan, daging, biskuit, crackers, makanan beku dan creamy serta makanan dalam kemasan.
5. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Olahan
Karbohidrat olahan seperti tepung dan gula menyediakan kalori kosong atau kalori tanpa nutrisi. Kandungan makanan olahan sangat tidak baik bagi tubuh. Kandungan gula, garam, lemak dan bahan pengawet lainnya dapat merusak tubuh jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti nuget ayam, daging olahan, roti, kue, biskuit dan produk sereal.
6. Terasi Merah
Kandungan rhodamin B dalam terasi merah dapat menyebabkan iritasi di bagian sistem pernapasan. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama, maka peradangan pada paru-paru bisa terjadi atau bertambah buruk.
7. Acar
Acar adalah makanan yang sudah melalui proses pengholahan dengan penambahan natrium yang tentunya tidaklah sedikit.Bagi penderita gangguan paru-paru asupan natrium sangatlah penting untuk dibatasi. 

Selain menjauhi pantangan makanan bagi penderita TBC diatas, perilaku yang buruk seperti merokok juga harus ditinggalkan. Mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga ringan setiap hari serta menjaga asupan nutrisi bagi tubuh kita.

Jenis Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit TBC

0 komentar:

Posting Komentar