Tips Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung

Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung - Pernahkah Anda melihat orang di sekitar Anda mengalami serangan jantung mendadak? Hal yang akan dirasakan bagi Anda yang tidak mengetahui cara penanganannya tentu akan merasa bingung. Maka dari itu sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi sebagai pertolongan pertamanya.

pertolongan-pertama-saat-serangan-jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital, serta penting peranannya dalam tubuh kita. Jantung terletak di dalam rongga dada bagian kiri, diantara paru-paru kanan dan kiri. Fungsinya yaitu untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Apa Itu Serangan Jantung?
Umumnya serangan jantung ini terjadi karena aliran darah yang kaya akan oksigen tiba-tiba tersumbat, sehingga darah tidak mencapai bagian otot jantung. Dan jika aliran darah tidak dikembalikan dengan cepat, bagian dari otot jantung akan mulai mati.

Kondisi ini biasanya berhubungan dengan tekanan mental, gaya hidup tidak sehat atau penyakit jantung bawaan. Jika tidak segera mendapatkan pertolongan maka bisa menyebabkan efek fatal seperti kematian.

Sebelum Anda mengetahui bagaimana bentuk tindakan yang bisa dilakukan pada serangan jantung, Anda perlu juga mengenali gejala-gejalanya. Berikut diantara gejala-gejala serangan jantung :
  • Nafas terasa sesak
  • Nyeri dada, pada bagian tengah atau kiri
  • Tidak nyaman pada bagian atas tubuh (lengan kiri, punggung, bahu, leher, an rahang)
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Keringat dingin
  • Mual dan Muntah
  • Kepala pusing
  • Merasa lelah tiba-tiba
Apabila Anda melihat orang disekitar mengalami gejala-gejala diatas, maka segeralah berikan pertolongan. Pertolongan pertama serangan jantung sifatnya darurat dan bisa meningkatkan harapan bagi penderita penyakit jantung.

Pertolongan Pertama Pada Saat Serangan Jantung

pertolongan-pertama-pada-serangan-jantung
1. Panggil bantuan/ Menghubungi nomor darurat medis setempat 
Langkah pertama adalah memanggil bantuan, segera hubungi rumah sakit terdekat dan beritahu keadaan dimana seseorang menderita serangan jantung dan minta bawakan AED (Automated External Defibrilator).
2. Tenangkan Penderita Serangan Jantung
Dudukkan atau letakan di posisi yang nyaman bagi penderita. Pastikan bersandar, jangan ambil posisi berbaring karena jika penderita kehilangan kesadaran, jalan nafasnya akan teganggu.
3. Longgarkan Pakaian Penderita
Tujuannya agar bisa bernafas lebih mudah. Pada saai ini Anda harus mencoba untuk membantu mengfatur nafas seperti memberikan aba-aba untuk menarik dan menghembuskan nafas.
4. Mengonsumsi Aspirin atau Nitrogliserin
Jika penderita sudah tenang, tanyakan apakah ia membawa obat yang diersepkan dokter atau tidak. Jika memiliki aspirin suruh untuk mengunyah aspirin agar membantu mengurangi rasa nyeri. Selain aspirin, mungkin penderita juga membawa Nitrogliserin, pastikan letakan dibawah lidah. 
Jika tidak memiliki aspirin atau nitrogliserin, sebaiknya jangan diberikan karena mungkin bisa memperparah kondisi penderita. Dan jangan memberikan makanan apapun pada penderita.
5. Berikan CPR/RJP jika penderita tidak sadarkan diri.
Jika penderita mulai tak sadarkan diri, maka Anda bisa melakukan CPR/RJP. Memang, cara ini secara umum jarang diketahui di Indonesia. Tapi bisa berusaha untuk memberikan nafas buatan dengan beberapa hitungan dan diselingi dengan penekanan pada bagian dada. Sebelum itu, harus segera meminta bantuan medis dan menjelaskan kondisi yang dialami oleh penderita.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan jika bertemu orang yang mengalami serangan jantung :
  • Jangan panik.
  • Jangan meninggalkan penderita sendirian.
  • Jangan bertindak lambat.
  • Jangan biarkan penderita membiarkan serangan terjadi dan meminta Anda untuk tidak memanggil bantuan.
  • Jangan menunggu hingga gejala menghilang
  • Jangan berikan apapun pada penderita melalui mulut, selain obat-obatan yang diperlukan.
Selain mengetahui bagaimana cara pertolongan pertama pada serangan jantung,kesigapan Anda juga perlu ditingkatkan karena dapat menentukan nyawa seseorang. Gejala serangan jantung dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, jika terlambat menanganinya maka berakibat fatal.







Tips Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung

0 komentar:

Posting Komentar