Jenis Sayuran Yang Boleh Dimakan Penderita Rematik

Sayuran Yang Boleh Dimakan Penderita Rematik - Seringkali orang-orang menganggap penyakit rematik sama dengan asam urat, namun sebenarnya kedua penyakit tersebut berbeda, perbedaannya dapat dilihat dari bagian atau organ yang diserang. Rematik merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan sebab akan memiliki gejala yang sangat menyakitkan. Mungkin dibenak Anda penyakit rematik ini hanya diderita oleh orang tua saja, namun ternyata anak muda pun rentan terkena penyakit ini. Menapa demikian? Hal ini bisa jadi karena kebiasaan memiliki pola makan dan pola hidup yang tidak sehat.

sayuran-boleh-dimakan-penderita-rematik

Selama ini masyarakat luas mengira rematik hanya ada satu jenis saja, namun siapa sangka jika rematik memiliki berbagai macam jenis yaitu osteoartritis, polimialga reumatik, artritis rematoid dan artritis gout. Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut.

Apa saja ciri-ciri dan gejala rematik?
Gejala rematik yang paling sering terjadi adalah nyeri sendi dan kekakuan sendi yang memburuk pada pagi hari setelah bangun tidur dan setelah duduk lama. Kekakuan biasanya membaik dengan gerakan. Gejala lain dapat berupa gatal atau sensasi terbakar, lelah, bisul kaki, penurunan nafsu makan, baal dan kesemutan, sesak, nodul kulit, kelemahan dan demam. Sendi dapat memerah, bengkak, nyeri, berubah bentuk dan terasa hangat. 

Cara terbaik untuk menangani rematik yaitu dengan menggunakan obat-obatan, terapi, olahraga, dan melakukan aktifitas untuk mencegah kelemahan sendi. Mengingat rematik merupakan salah satu penyakit yang gampang kambuh jika sedikit saja salah mengonsumsi makanan. Namun meskipun demikian secara medis penyakit ini gejalanya dapat diringankan dengan mengonsumsi makanan tertentu.
Sayuran Yang Boleh Dimakan Oleh Penderita Rematik

1. Bayam
Menurut penelitian kandungan vitamin E dalam bayam sangat mampu untuk melindungi tubuh dari adanya molekul inflamasi, sehingga sayuran ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita rematik. Pilihlah bayam yang berwarna hijau gelap, karena kandungan antioksidannya lebih tinggi dan mampu mengatasi peradangan pada rematik.
2. Wortel
Kandungan karotenoid yang ada dalam wortel mampu mengatasi adanya radikal bebas didalam tubuh, selain itu bisa melindungi sel mata dan mengatasi rematik.
3. Daun Bawang
Daun bawang mengandung sulfur, flavonoid, vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Jika penderita rematik rutin mengonsumsi daun ini maka akan membuat gejala rematik tidak semakin parah. Masukan daun bawang setiap kali Anda membuat menu sayuran.
4. Asparagus
Kandungan kalori dalam sayuran ini sangat rendah, didalam 150gr asparagus hanya terdapat kurang lebih 20 kalori. Tidak hanya itu saja, asparagus juga bisa menjadi salah satu pembantu mengolah insulin dalam tubuh serta mengurangi gejala pada penderita rematik.
5. Kentang
Kentang dipercaya mampu mengurangi gejala rematik seperti nyeri dibagian persendian atau adanya peradangan yang menyebabkan bengkak. Kentang yang direbus mempunyai manfaat lebih baik jika dibandingkan dengan mengolah kentang dengan cara digoreng.
6. Sawi Putih
Sawi putih memiliki kandungan yang sama pentingnya seperti pada sawi hijau. Sawi putih sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala rematik dan juga mencegah terjadinya radikal bebas didalam tubuh yang berlebihan.
7. Labu Kuning
Kandungan utama yang ada dalam labu kuning adalah zat besi, selenim, zinc, kalium, vitamin dan nutrisi lainnya. Kandungan antioksidan yang ada didalam labu kuning juga sangat bermanfaat untuk mengatasi adanya radikal bebas dalam tubuh. 
8. Lobak
Sifat diuretic yang dimiliki lobak dipercaya bisa mengatasi masalah pada kesehatan tubuh, salah satunya masalah pada persendian yang bisa mengakibatkan peradangan yaitu rematik.
9. Mentimun
Mentimun adalah salah satu golongan sayuran yang mempunyai kadar 95% air dan juga vitamin yang sangat tinggi seperti vitamin B, vit C, vit K, kalium, mangan, dan juga tembaga. Mentimun sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak sampai dewasa, karena kandungan didalamnya selain baik untuk penderita reamtik juga sangat baik untuk kesehatan.
10. Bok Choy
Bok Choy merupakan jenis golongan sayuran kol yang mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C dan juga kalsium yang cukup tinggi. Didalam bok choy terdapat kandungan indole dan juga thiol yang merupakan salah satu enzim yang akan membantu membentuk antioksidan. Agar kandungan yang ada dalam sayuran ini tidak hilang sebaiknya Anda jangan memasak bok choy terlalu matang karena bisa menghancurkan kandungan didalamnya.
11. Daun serai
Sayuran ini biasanya dikonsumsi untuk menambahkan pada citra rasa masakan dan juga memiliki manfaat sangat penting untuk kesehatan. Daun ini juga bisa salah satu sayuran anti inflamasi yang bisa mengatasi adanya keluhan rematik karena peradangan pada bagian sendi.

Itulah beberapa sayuran yang paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah pada persendian karena rematik. Selain mengonsumsi sayuran Anda juga bisa mengonsumsi beberapa obat tradisional untuk menurunkan gejala rematik yang sering muncul secara tiba-tiba. Anda juga sebaiknya mengurangi aktifitas berat yang akan memicu terjadinya rematik secara mendadak karena jika kondisi persendian sudah masuk dalam kondisi parah hal tersebut malah akan semakin membahayakan tubuh.


Jenis Sayuran Yang Boleh Dimakan Penderita Rematik

0 komentar:

Posting Komentar