Tips dan Cara Mengobati Penyakit Gondok Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Gondok - Sekilas apabila kita mendengar tentang penyakit gondok identik dengan benjolan atau pembengkakan pada bagian leher. Lebih tepatnya Penyakit Gondok ini adalah kondisi dimana kelenjar tiroid mengalami pembengkakan, biasanya terjadi dibagian leher bawah jakun atau laring.
cara-mengobati-penyakit-gondok

Umumnya pada kondisi normal, kinerja kelenjar tiroid tidak kita sadari sama seperti organ dalam lainnya. Kasus keganasan di kelenjar tiroid lebih rentan terjadi pada laki-laki, jika kelenjar tiroid diangkat maka penderita harus minum obat seumur hidup karena tidak ada orang lain dapat menghasilkan hormon tiroid dalam tubuh.

Ukuran benjolan pada penderita penyakit gondok ini berbeda-beda. Pada umumnya, penderita penyakit gondok tidak akan merasakan gejala apapun kecuali adanya benjolan dileher. Sebelum mengetahui gejala apa saja yang sering dirasakan pada penyakit gondok, kita kenali dulu jenis jenis penyakit gondok yang sering ditemui.

Berikut Jenis Jenis Penyakit Gondok

- Hipertiroid : Yaitu kondisi yang terjadi karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif menghasilkan hormon berlebihan dalam peredaran darah.
- Hipotiroid : Yaitu kondisi yang terjadi karena kelenjar tiroid yang memproduksi hormon dalam jumlah kecil atau rendah

Berdasarkan ukuran benjolan, penyakit gondok dibedakan menjadi 2 jenis, diantaranya :

1. Gondok Difus. Pada kondisi ini benjolan terasa mulus saat disentuh.
2. Gondok Nodul. Pada kondisi ini benjolan terasa tidak rata dan bergumpal, yang diakibatkan oleh adanya satu atau lebih benjolan berukuran kecil atau terdapat adanya cairan dalam benjolan.

Pada beberapa kasus, umumnya bagi penderita penyakit gondok akan merasakan gejala setelah leher membesar atau terdapat benjolan. Baru si penderita mulai mengetahuinya. Untuk itu kita perlu tahu apa saja gejala yang umumnya dirasakan para penderita penyakit gondok.

Gejala Gejala Penyakit Gondok
Tanda utama yang akan dikeluhkan oleh pasien bisanya ketika munculnya benjolan atau pembengkakan pada bagia n leher. Berikut gejala lain yang dirasakan:
  • Sakit pada tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Nyeri saat mengunyah
  • Nyeri pada bagian bawah pipi atau wajah
  • Demam
  • Kesulitan saat menelan makanan atau minuman
  • Telinga berdengung
  • Suara berubah menjadi serak serta batuk batuk
  • Mudah lelah serta depresi
  • Peningkatan kadar kolesterol
  • Penurunan denyut jantung
  • Menurunnya tingkat konsentrasi
Nah, setelah kita tahu gejala gejala tersebut, penting juga bagi kita untuk mengetahui penyebab yang mengakibatkan penyakit gondok ini. Selain bertujuan untuk mengetahui, Anda juga bisa lebih berhati hati dan lebih waspada terhadap penyakit ini. 

Penyebab Penyakit Gondok
  1. Hipertiroidisme. Yaitu kinerja kelenjar tiroid yang berlebihan dan kebanyakan disebabkan oleh penyakit Graves. 
  2. Hipotirodisme. Yaitu kinerja tiroid yang menurun dan dapat dipicu oleh kekurangan yodium atau oleh penyakit hashimoto.
  3. Kekurangan yodium, yang dibutuhkan kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon tiroid
  4. Pengaruh kanker tiroid.
  5. Perubahan hormon karena kehamilan, pubertas, ataupun menopause.
  6. Keberadaan nodul dalam kelenjar tiroid.
  7. Kebiasaan merokok yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap yodium.
  8. Pengaruh obat litium yang digunakan untuk obat depresi.
  9. Inflamasi kelenjar tiroid yang diakibvatkan oleh infeksi virus, bakteri, atau obatobatan tertentu.
Risiko seseorang untuk penyakit ini dipicu oleh beberapa faktor diantaranya : Faktor usia, jenis kelamin, faktor keturunan, obat obatan tertentu, kehamilan atau menopause. Lalu apa yang harus dilakukan apabila Anda mengalami penyakit gondok ini? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Selain penanganan medis kita perlu tahu juga cara alami yang dapat dilakukan tanpa operasi.

Berikut cara mengatasi/mengobati penyakit gondok tanpa operasi:
1. Campuran Daun Sorrel dan Minyak Zaitun
Tumbuk kedua bahan tersebut, kemudian terapkan pada leher selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.
2. Menggunakan Bawang Putih
Dengan cara dikunyah 3-4 siung pada pagi hari, atau juga bisa ditambahkan cengkeh.
3. Mengonsumsi Garam Beryodium
Untuk perawatan serta juga pencegahan , yang dilakukan secara teratur.
4. Selada Air
Jenis tumbuhan ini kaya akan yodium, sulfur, germanium, vitamin B17 serta antioksidan. Caranya dengan digerus sebanyak 2 sendok makan, lalu terapkan pada leher selama 15-20 menit, bilas dengan air bersih.
5. Biji Rami
Biji rami dapat membantu proses penyembuhan serta mengurangi pembengkakan pada penyakit gondok.Caranya campurkan dengan air kemudian terapkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.
6. Menggunakan Dandelion ( Daun Randa Tapak)
Caranya dengan ditumbuk lalu campurkan dengan mentega dan panaskan, terapkan pada leher Anda selama 15-20 menit dan setelah itu bilas dengan air bersih.
7. Dengan Belimbing Wuluh
Aplikasikan 10 ranting muda, daun belimbing wuluh serta bawang merah. Tumbuk sampai halus, lalu balurkan pada yang bagian yang sakit.
8. Akar Daruju
Aplikasikan air dengan 30-60 gram akar daruju kering, lalu rebus keduanya bersama 2 gelas air, setelah itu saring air rebusan tadi dan minumlah.
9. Nanas
Mengonsumsi nanas berkhasiat bagi proses penyembuhan penyakit gondok serta mengurangi pembengkakan.

Demikian cara yang dapat dilakukan bagi siapapun Anda yang menderita penyakit gondok. Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada megobati, tindakan pencegahan juga perlu kita lakukan sebagai kewaspadaan kita akan penyakit ini. Pencegahan sejak dini bisa kita lakukan sebelum penyakit ini menyerang siapapun.

Berikut Cara Pencegahan Agar Terhindar Dari Penyakit Ini
Cara pencegahan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga pola makan yang sehat, kemudian asupan garam beryodium minimal 15mg/hari, serta mengatur pola hidup dan berolahraga secara teratur.



Tips dan Cara Mengobati Penyakit Gondok Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar