3 Cara Memilih Lemak Yang Baik Pada Anak

Saat mendengar kata lemak, kita biasanya menganggap bahwa lemak di dalam tubuh harus benar-benar di perhatikan. Namun bagaimana dengan lemak untuk anak-anak ? Haruskah asupannya dihindari seperti orang dewasa pada umumnya ?


Seperti yang kita ketahui, pada masa anak-anak maka asupan gizi yang cukup harus dipenuhi agar tumbuh kembang anak optimal dan tetap sehat. Hal ini tentu saja juga termasuk asupan lemak yang cukup. Maka dari itu kita perlu mengetahui bagaimana sih cara pemilihan lemak yang baik untuk anak.

Lemak memang sangat penting untuk tubuh anak, selain sebagai pelarut vitamin lemak juga bisa menjadi bahan baku pembentukan hormon. Tidak hanya itu saja, asupan lemak sesuai kebutuhan akan membuat anak kenyang sehingga tidak makan berlebihan.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal tersebut maka lemak yang dipilih untuk anak haruslah tepat. Dilansir dari Kidshealth.org, pilihan lemak yang baik untuk anak adalah sebagai berikut :

1. Pilih lemak dari bahan makanan alami
Daging, ikan, susu dan telur memiliki kandungan lemak dari bahan makanan. Asupan lemak dari bahan makanan tentu akan beriringan dengan zat gizi lain yang ada pada bahan makanan tersebut.

Agar manfaatnya maksimal dan lemak tidak berlebihan, usahakan mengolah bahan makanan tersebut dengan metode masak rendah lemak, misalnya kukus, rebus atau bakar.

2. Gunakan minyak nabati
Biasakan anak untuk mengonsumsi minyak dari bahan makanan nabati, misalnya minyak flaxseed atau minyak zaitun.

3. Pilih produk kemasan yang rendah atau bebas lemak
Selalu pilih produk kemasan, misalnya susu, es krim, yoghurt atau camilan anak yang memiliki klaim rendah atau bebas lemak. Hal ini akan sangat membantu mengontrol agar asupan lemak anak tidak berlebihan.

Nah, itu dia tiga tips memilih asupan lemak yang baik untuk anak. Membiasakan asupan lemak yang cukup sejak dini akan mendukung anak terbiasa dengan pola hidup sehat, iyakan bun ?

BACA JUGA :










3 Cara Memilih Lemak Yang Baik Pada Anak

0 komentar:

Posting Komentar