3 Gejala Awal Kanker Rahim Yang Berbahaya

Gejala kanker serviks stadium awal jarang sekali terlihat, bahkan mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali hingga sel kanker menyebar ke jaringan di sekitarnya. Karena itu disarankan untuk melakukan Pap smear untuk mendeteksi kanker serviks dan bisa dilanjutkan penanganan prakanker.

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada sel-sel leher rahim yang terletak pada bagian rahim yang terhubung ke vagina. Human papillomavirus atau HPV adalah penyebab sebagian besar kasus kanker serviks, yaitu salah satu penyakit menular seksual yang sangat menular melalui hubungan seksual dan/atau kontak langsung kulit ke kulit di daerah genital.

Sebenarnya, kanker rahim tidaklah muncul begitu saja. Pasti ada gejala-gejala terlebih dahulu. Nah, ketika gejala itu sudah muncul, maka Anda harus segera menanganinya agar pertumbuhan sel kanker tidak menyebar sehingga memperparah keadaan. Apa saja gejala yang ditimbulkan ketika seseorang terkenal kanker rahim ?

1. Perut Sering Kembung

Salah satu gejala awal kanker rahim adalah terjadinya kembung pada perut dengan intens. Biasanya wanita mengalami kembung saat siklus menstruasi dan itu wajar. Namun, jika kembung uterus datang walau sedang tidak menstruasi, maka Anda harus perhatikan darimana asalnya kembung itu. Bisa jadi, kembung bukan dikarenakan masuk angina tau masalah ringan lainnya, tapi gejala awal kanker rahim. Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2. Berat Badan Turun

Jika Anda sedang melakukan proses diet atau pun puasa, wajar saja kalau berat badan menjadi turun. Tapi, jika Anda tidak sedang melakukan apapun lalu berat badan tiba-tiba turun, itu bisa menandakan gejala awal kanker rahim. Sebab, sudah banyak kasus terjadi, penderita kanker rahim mengalami penurunan berat badan yang signifikan dalam rentang waktu tertentu. Maka dari itu, perlu diwaspadai jika berat badan Anda tiba-tiba menurun drastis tanpa sebab.

3. Sakit dan Nyeri

Kanker rahim juga bisa ditandai dengan rasa nyeri yang sering muncul pada bagian perut dan pinggang. Nyeri itu berasa seperti sedang haid, padahal Anda tidak haid. Selain itu, rasa nyeri juga bisa dialami oleh vagina ketika sedang melakukan hubungan seksual. Jika Anda mengalami rasa nyeri dan sakit seperti ini, maka segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi Anda.

Setelah gejala awal ini muncul, biasanya akan diikuti oleh gejala lain yang lebih berat seperti: nyeri panggul, kesulitan buang air kecil maupun besar, penurunan berat badan, tubuh terasa lemah, hingga pembengkakan salah satu atau kedua kaki.

Jangan menunggu hingga gejala kanker serviks stadium awal muncul, segera lakukan pap smear jika Anda merasa berisiko terinfeksi virus HPV. Jika muncul gejala lain yang terkait kesehatan rahim Anda, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter.

BACA JUGA :









3 Gejala Awal Kanker Rahim Yang Berbahaya

0 komentar:

Posting Komentar