Hati Hati ..!! Banyak Minum Kopi Menyebabkan Sakit Kepala

Meskipun kopi memiliki rasa yang nikmat dan bisa menghilangkan rasa kantuk, banyak orang yang mengaku memilih untuk menghindari kopi karena dianggap bisa memicu sakit kepala. Sebenarnya, apakah memang minum kopi bisa memberikan dampak ini?
Kandungan kafein di dalam kopi disebut-sebut sebagai biang keladi dari munculnya sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kafein yang bisa memicu ketergantungan. Jika kita yang terbiasa mengonsumsi kopi secara rutin tiba-tiba saja tidak meminumnya, maka kita pun akan mengalami sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein dalam mempengaruhi pembesaran atau penyempitan pembuluh darah di kepala, kondisi yang memang bisa memicu datangnya sakit kepala.

Menurut pakar kesehatan Dr. Todd Rozen dari Geisinge Headache Center berkata, meskipun kafein bisa memicu sakit kepala, kafein ternyata juga bisa menjadi obat untuk mengatasi sakit kepala. Kemampuan ini juga bisa di sebabkan oleh pengaruh kafein di dalam tubuh untuk membuat ukuran pembuluh darah di kepala menjadi berubah.

Sementara itu, Dr. Kathleen Digre dari Headache and Neuro-ophtalmology Division yang ada di University of Utah, menyebutkan bahwa kombinasi antara kafein dengan beberapa jenis obat pereda nyeri ternyata bisa membuat kinerja obat pereda sakit kepala bisa menjadi lebih baik. Hanya saja, bagi beberapa jenis obat lain, kandungan kafein bisa menurunkan kinerjanya dengan signifikan atau bahkan memicu masalah asam lambung dan gangguan pencernaan.

Untuk itu, agar anda tidak mudah terkena gejala sakit kepala, ada baiknya anda untuk tidak mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang berlebihan setiap harinya. Jika ingin menurunkan asupan harian kopi, maka lakukanlah dengan cara sedikit demi sedikit. Jangan tiba-tiba saja mengurangi asupannya dengan drastis secara tiba-tiba. Selain itu juga, anda tidak di anjurkan untuk meminum kopi pada malam hari, karena hal tersebut bisa membuat anda mengalami gangguan tidur.

BACA JUGA :









Hati Hati ..!! Banyak Minum Kopi Menyebabkan Sakit Kepala

0 komentar:

Posting Komentar