99 Manfaat Rutin Berolahraga Untuk Kesehatan


Tidak bisa diragukan lagi bahwasanya olahraga memang sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun psikis. Dengan rutin berolahraga, seseorang akan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu, olahraga juga bisa membuat seseorang menjadi tampak lebih muda sebab regenerasi hormon serta sel menjadi lebih baik produksinya.

Apakah sampai di situ saja ? Tentu tidak!

Baru-baru ini ada sebuah studi baru yang cukup membahagiakan. Studi tersebut dilakukan oleh profesor Erik Ingelsson dari University Stanford di California. Dalam penelitiannya, profesor ini melakukan data analisis kepada sekitar 500.000 responden di Biobank Inggris. Alhasil, mereka yang rutin berolahraga akan menurunkan risiko genetik penyakit kardiovaskular.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa risiko penyakit jantung bisa diturunkan hingga 46 persen ketika seseorang rutin berolahraga. Padahal, penelitian tersebut tidak melakukan uji coba olahraga berat, melainkan hanya olahraga ringan, yakni lari. Ya, para koresponden tersebut melakukan lari setiap hari, entah pagi atau sore tergantung waktu luang mereka.

Hasil dari penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association beberapa waktu lalu. Diterangkan pula bahwa dari hasil yang didapatkan tersebut bisa meningkatkan semangat serta motivasi dari setiap orang untuk berolahraga. Seperti diketahui, gaya hidup zaman sekarang yang sudah tak sehat membuat banyak orang menjadi enggan berolahraga.

Padahal, penyakit datang tak menunggu seseorang tua, tapi bisa kapan saja. Dijelaskan lagi, jika penyakit genetik kardiovaskular tersebut telah menancap pada tubuh seseorang, maka semuanya akan telat. Olahraga tak akan lagi berguna, maka dari itu dari usia muda sangat disarankan agar melakukan olahraga rutin setiap hari. Walaupun hanya berlari atau bersepeda, tapi sangat dianjurkan agar tubuh terbebas dari penyakit berbahaya.
BACA JUGA :









99 Manfaat Rutin Berolahraga Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar