3 Penyebab Dada Terasa Panas

Pernahkah Anda merasakan sakit dada yang datang secara tiba-tiba ? Biasanya sakit dada tersebut datang tanpa isyarat atau gejala apapun. Dan seketika itu juga timbul keluhan rasa tidak nyaman akibat nyeri berlebihan. Pada umumnya, sakit dada ini juga akan disertai dengan kesulitan untuk bernapas. Sehingga sakitnya kadang menjalar ke bagian tubuh lainnya, seperti leher, bahu, dan perut.

Ketika mengalami hal ini, banyak orang merasa panik dan khawatir, karena dianggap sebagai salah satu tanda penyakit jantung. Perlu anda diketahui, rasa nyeri yang tiba-tiba muncul pada dada tidak bisa dikatakan hanya sebagai tanda penyakit jantung saja. Ternyata masih banyak kemungkinan lainnya yang perlu Anda ketahui.

Ada 3 penyebab dari rasa nyeri yang muncul pada dada tersebut. Berikut diantaranya :

1. Tegang Otot

Sakit dada yang datang tiba-tiba bukanlah sebuah reaksi awal terjadinya penyakit jantung saja, tetapi juga bisa karena otot pada daerah dada dan sekitarnya sedang terjadi penegangan. Ketika otot kaku dan tertarik keluar dari tempat semula, maka rasa nyeri akan muncul secara tiba-tiba yang membuat Anda tidak nyaman. Untuk mengatasinya, lakukanlah peregangan seperti berdiri ataupun berbaring sebentar. Perlu diingat, jangan pernah melakukan sebuah aktivitas monoton dalam waktu yang lama, misalnya duduk atau berdiri. Karena bisa menimbulkan masalah yang baru.

2. Kista

Selain karena otot yang menegang, rasa nyeri pada dada juga bisa di akibatkan oleh kista payudara. Pada beberapa kasus terjadi, orang-orang yang menderita kista payudara seringkali diawali dengan munculnya rasa sakit pada dada yang muncul secara tiba-tiba. Jika Anda mengalami rasa sakit ini dan datang dengan waktu yang cukup intens, maka sebaiknya Anda segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. GERD

GERD (Gastroesophageal reflux) merupakan penyebab yang paling sering menimbulkan sakit dada. Hal itu dikarenakan asam lambung yang naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan gangguan pada daerah sekitar dada yang berakibat munculnya rasa nyeri. Biasanya, sakit dada yang dikarenakan GERD akan disertai oleh rasa mual dan muntah.

Oleh karena itu, Anda tidak tahu apakah sakit dada akan berakibat fatal atau tidak. Jangan pernah menunda pencegahan dan pengobatan. Karena pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan yang terlambat. 
BACA JUGA :








3 Penyebab Dada Terasa Panas

0 komentar:

Posting Komentar